PENGARUH TINGKAT INTELEGENSI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 BANJARMASIN

Husnul Madihah(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Sari


Pengaruh Tingkat Intelegensi dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tingkat intelegensi terhadap prestasi akademik dengan motivasi belajar pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin, sebanyak 30 orang siswa. Alat ukur yang digunakan untuk variabel intele-gensi adalah dengan menggunakan tes intelegensi, dimana tes intelegensi yang dipakai dalam penelitian ini adalah tes CFIT (Culture Fair Intelligence Test) skala 3A. Sedangkan alat ukur yang digunakan untuk variabel motivasi belajar adalah skala motivasi belajar yang disusun berdasarkan aspek-aspek motivasi belajar dari Frandsen (dalam Suryabrata, 2006), yang berbentuk skala Likert. Sedangkan untuk variabel prestasi akademik diukur berdasarkan rata-rata nilai rapor siswa pada semester terakhir yang telah dilalui subjek penelitian. Analisis data dilakukan dengan metode penelitian parametrik yaitu teknik analisis regresi berganda. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh bahwa secara parsial intelegensi dan motivasi belajar ber-pengaruh secara signifikan terhadap prestasi akademik.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.