PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA MATA KULIAH SURAT MENYURAT BISNIS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEBAK KATA (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Reguler B FKIP Unlam)

M. Kasim(1*), Baseran Nor(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Sari


Penggunaan model pembelajaran dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi jarang sekali di-gunakan lantaran mahasiswa sudah dianggap bisa mencari materi kuliah dari berbagai sumber secara mandiri. Namun, pada kenyataannya masih banyak mahasiswa yang pasif dalam mencari sumber pem-belajaran sehingga menuntut dosen untuk bisa me-nyampaikan materi kuliah lebih terperinci lagi. Dalam proses belajar mengajar, dosen harus memiliki strategi agar mahasiswa dapat berpartisipasi aktif tepat pada tujuan yang diharapkan. Salah satu langkah untuk memiliki strategi itu adalah harus menguasai teknik-teknik penyajian materi, atau biasa disebut model pembelajaran. Banyak model pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran ekonomi, tetapi tidak setiap model pembelajaran dapat diterapkan dalam setiap materi, sehingga pemilihan model pembelajaran sangatlah penting guna mencapai tujuan pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa efektifnya penerapan model pembelajaran tebak kata untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah surat menyurat bisnis pokok bahasan bagian-bagian surat.

Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dimana responden dalam penelitian ini dibagi menjadi dua tahapan, yang pertama per-kuliahan dilakukan tanpa menggunakan model pem-belajaran dan tahap kedua perkuliahan dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran tebak kata.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar dari nilai ujian mahasiswa sebelum dan sesudah menggunakan model pem-belajaran tebak kata. Ini terlihat dari hasil perhitungan SPSS diperoleh nilai uji t sebesar -3,209 dengan tingkat signifikansi 0,002 lebih kecil dibandingkan ttabel untuk df= 47 diperoleh sebesar -2,012.

 

Kata Kunci : Model Pembelajaran, Tebak Kata, dan Prestasi Belajar

Penggunaan model pembelajaran dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi jarang sekali di-gunakan lantaran mahasiswa sudah dianggap bisa mencari materi kuliah dari berbagai sumber secara mandiri. Namun, pada kenyataannya masih banyak mahasiswa yang pasif dalam mencari sumber pem-belajaran sehingga menuntut dosen untuk bisa me-nyampaikan materi kuliah lebih terperinci lagi. Dalam proses belajar mengajar, dosen harus memiliki strategi agar mahasiswa dapat berpartisipasi aktif tepat pada tujuan yang diharapkan. Salah satu langkah untuk memiliki strategi itu adalah harus menguasai teknik-teknik penyajian materi, atau biasa disebut model pembelajaran. Banyak model pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran ekonomi, tetapi tidak setiap model pembelajaran dapat diterapkan dalam setiap materi, sehingga pemilihan model pembelajaran sangatlah penting guna mencapai tujuan pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa efektifnya penerapan model pembelajaran tebak kata untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah surat menyurat bisnis pokok bahasan bagian-bagian surat.

Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dimana responden dalam penelitian ini dibagi menjadi dua tahapan, yang pertama per-kuliahan dilakukan tanpa menggunakan model pem-belajaran dan tahap kedua perkuliahan dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran tebak kata.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar dari nilai ujian mahasiswa sebelum dan sesudah menggunakan model pem-belajaran tebak kata. Ini terlihat dari hasil perhitungan SPSS diperoleh nilai uji t sebesar -3,209 dengan tingkat signifikansi 0,002 lebih kecil dibandingkan ttabel untuk df= 47 diperoleh sebesar -2,012.

 

Kata Kunci : Model Pembelajaran, Tebak Kata, dan Prestasi Belajar


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.