KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN IKLIM ORGANISASI DAN KERJA GURU

Zainal Fauzi(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Sari


Rendahnya mutu pendidikan merupakan satu dari sekian banyak masalah nasional di bidang pen-didikan dewasa ini. Masalah ini disebabkan oleh ber-bagai faktor, salah satunya adalah faktor kepemimpin-an kepala sekolah. Kepala sekolah sebagai salah satu sumber daya manusia mempunyai peran yang penting di sekolah. keefektifan pengambilan keputusan dan kebijakan sangat menentukan bagaimana perilaku kepemimpinan kepala sekolah.

Tesis ini bertujuan untuk menggambarkan hubungan perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan iklim organisasi terhadap kepuasan kerja guru SD Negeri di Kecamatan Belawang Kabupaten Barito Kuala.

Menurut Ohio University, perilaku kepe-mimpinan kepala sekolah terdiri dari: inisiasi dan konsiderasi. Kemudian berdasarkan penelitian Hoy dan timnya dari Rutgers University, iklim organisasi terdiri dari beberapa bentuk kontinum, yaitu: open, engaged, disengaged dan closed dengan subvariabel yaitu: supportive, directive, restrictive, collegial, intimate dan disengagement. Sedangkan menurut As’ad faktor-faktor penyebab kepuasan kerja adalah kesesuaian kerja, kesempatan untuk berprestasi, kesempatan untuk maju, pengakuan dan peng-hargaan dan kondisi kerja.

Ada tiga hipotesis yang diuji, sebagai berikut: (1) Ada hubungan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru. (2) Ada hubungan antara iklim organisasi terhadap kepuasan kerja guru. (3) Ada hubungan antara perilaku ke-pemimpinan kepala sekolah dan iklim organisasi secara bersama-sama terhadap kepuasan kerja guru.


Populasinya adalah sekolah-sekolah yang berada di daerah Kecamatan Belawang sebanyak 16 sekolah dan dengan teknik cluster sampling diambil 10 sekolah untuk dijadikan sampel.

Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data disimpulkan bahwa (1) tidak ada hubungan yang signifikan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah dengan kepuasan kerja; (2) tidak ada hubungan antara iklim organisasi dengan kepuasan kerja; (3) secara bersama-sama terdapat hubungan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan iklim organisasi dengan kepuasan kerja.

Berdasarkan hasil penelitian, dikemukakan saran-saran kepada kepala sekolah agar dapat meningkatkan kemampuannya dalam menyusun rencana tugas dan menetapkan prosedur kerja selain itu juga dapat menjalin hubungan baik, bersikap hangat dan menghargai maupun menaruh kepercayaan terhadap anggotanya. Kepala sekolah juga diharapkan dapat menciptakan iklim sekolah yang baik seperti adanya komunikasi, perencanaan, prosedur kerja, dan pencapaian hasil yang baik.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.