ANALISIS KECEMASAN MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING FKIP UNLAM BANJARMASIN DALAM MENGHADAPI UJIAN AKHIR SEMESTER

Ali Rachman

Sari


Kecemasan adalah suatu hal yang sering dihadapi individu. Tidak hanya mahasiswa yang berprestasi rendah yang mengalami kecemasan pada waktu menghadapi ujian, tetapi mahasiswa yang mempunyai prestasi tinggi pun bisa mengalami kecemasan pada waktu ujian. Perasaan cemas terjadi jika mahasiswa tidak siap menghadapi ujian.

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tentang bagaimana kecemasan yang dihadapi mahasiswa ketika akan menghadapi ujian akhir semester dikampus. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, yaitu suatu penelitian yang menggambarkan keadaan suatu variabel yang akan diteliti.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa prodi Bimbingan dan Konseling FKIP Unlam Tahun Akademik 2013/2014 yang sekaligus  dijadikan sampel penelitian. Adapun teknik pe-ngumpulan data untuk data kecemasan mahasiswa dalam menghadapi ujian akhir semester ini dengan menggunakan angket.

Analisis data dalam penelitian ini meng-gunakan rumus persentasi dimana frekuensi jumlah jawaban mahasiswa dibagi dengan jumlah sampel. Hasil dari penelitian ini adalah gambaran bagaimana kecemasan yang dialami mahasiswa pada waktu menghadapi ujian akhir semester. Dari hasil penelitian diketahui bahwa kecemasan realistis adalah kecemasan yang paling dominan dialami mahasiswa pada saat menghadapi ujian akhir semester.

 

Kata kunci :  Kecemasan, Ujian Akhir Semester


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.