ASPEK POSITIF DAN NEGATIF TAYANGAN TELEVISI TERHADAP ANAK

Evi Risa Mariana

Sari


Televisi dapat juga disebut sebagai sebuah keajaiban dalam dunia walaupun hanya berbentuk sebuah kotak elektronik yang sederhana yang mampu secara efektif berperan sebagai media massa dalam berbagai informasi. Anggapan bahwa informasi apa saja yang ditayangkan televisi adalah benar, apa saja yang disajikan oleh televisi adalah baik, sehingga televisi merupakan satu-satunya sumber dan pusat informasi yang benar, baik dan akurat, alat yang paling efisien dan efektif untuk mengenal mempelajari dan mendapatkan berbagai hal dalam hidup dan kehidupan ini ketimbang berbagai buku bacaan yang dianggap menyita waktu.

Di sisi lain, tayangan TV juga menjadi “racun” karena merampas waktu belajar anak-anak dan menenggelamkan mereka ke dalam nikmat candunya.

Banyak fakta yang kita jumpai dari informasi yang disampaikan televisi, baik fakta positif maupun fakta negatif. Sehingga hal ini baik secara langsung atau tidak langsung akan mempengaruhi akhlak penontonnya ke arah positif atau ke arah negative, sehingga pengaruh tayangan televisi terhadap akhlak anak yaitu pengaruh positif dan pengaruh negatif.

 

Kata kunci : televisi, aspek positif dan negatif


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.