HUBUNGAN ANTARA KREATIVITAS GURU DENGAN PRESTASI KERJA GURU PADA SMP NEGERI 4 ALALAK

Ainun Heiriyah

Sari


Guru profesional, diakui atau tidak, adalah sosok yang paling bertanggung jawab terhadap mutu pen-didikan, khususnya pendidikan di sekolah. Guru yang ideal harus harus memiliki kreativitas dan prestasi kerja yang tinggi terhadap tugasnya, suka bekerja dengan sungguh-sungguh, menjaga kualitas dan kuantitas kerja, bertanggung jawab, dan berdedikasi tinggi. sehubungan dengan hal tersebut, bertujuan untuk mengungkap adanya hubungan antara kreativitas kerja guru dengan prestasi kerja guru pada SMP Negeri 4 Alalak.

Penelitian dilakukan menggunakan metode analisis diskriptif korelasional dengan maksud men-diskripsikan dan mencari hubungan dari sejumlah variabel penelitian yang ada. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 32 orang guru pada SMP Negeri 4 Alalak. Sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin, untuk menentukan ukuran sampel. Yang ditarik secara acak sebanyak 30 orang guru.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas guru dengan prestasi kerja guru dengan

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hubungan antara kreativitas guru dengan prestasi kerja guru. Disarankan kepada hendaknya selalu mempergunakan kreativitas dalam pembelajaran di sekolah agar terciptanya suatu pembelajaran yang berinovasi dan beragam. Disarankan pula bagi Guru hendaknya perlu mempertahankan dan memberdayakan kreativitas yang dimiliki oleh masing-masing guru demi untuk meningkatkan prestasi kerja di sekolah.

koefesien korelasi sebesar 0,542.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.