ANALISIS PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. HEXINDO ADIPERKASA Tbk. CABANG BANJARMASIN

Erni Alfisah, Selamet Sutopo

Sari


Pengelolaan sumber daya manusia pada PT. Hexindo Adiperkasa Tbk Cabang Banjarmasin tidak lepas dari faktor karyawan yang diharapkan dapat berprestasi sebaik mungkin. Demi tercapainya tujuan perusahaan, karyawan memerlukan motivasi untuk bekerja lebih rajin.

Motivasi dapat dikatakan sebagai faktor terpenting bagi keberhasilan perusahaan Motivasi memiliki dampak pada produktivitas kerja karyawan PT. Hexindo Adiperkasa Tbk Cabang Banjarmasin. Motivasi kerja yang tinggi akan memungkinkan diperolehnya produktivitas yang tinggi pula. Penelitian ini mempunyai tujuan antara lain adalah Untuk menganalisis pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan PT Hexindo Adiperkasa, Tbk Cabang Banjarmasin dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan PT. Hexindo Adiperkasa Tbk Cabang Banjarmasin. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan yang ada di perusahaan PT. Hexindo Adiperkasa, Tbk Cabang Banjarmasin yang berjumlah 48 karyawan.

Dalam penelitian ini digunakan dua jenis data yaitu: data primer yang digunakan bersumber dari responden yang merupakan karyawan PT. Hexindo Adiperkasa Tbk Cabang Banjarmasin. Data sekunder adalah data penelitian yang diperoleh secara tidak langsung melalui media perantara (diperoleh dan dicatat pihak lain). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan yang ada di perusahaan PT. Hexindo Adiperkasa, Tbk Cabang Banjarmasin yang berjumlah 48 karyawan.

 

______________________________

  *  Tenaga Pengajar Fakultas Ekonomi Universitas Islam Kalimantan

** Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Islam Kalimantan


Berdasarkan analisis dan pembahasan yang telah dilakukan sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :

 Dari hasil analisis diketahui bahwa nilai Fhitung­ (79,905) > F­tabel (4.052), dengan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05) dan nilai thitung lebih besar dari pada ttabel (8,939 > 2,013), dengan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05). Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel bebas (Motivasi Kerja) dengan variabel terikat (Kinerja karyawan).

 Dari hasil perhitungan yang dilakukan dengan analisis statistik terhadap 48 orang responden dengan kuesioner didapat nilai R (0,797), nilai R Square (R2) 0,635 dan nilai Adjusted R Square (Adjusted R2) 0,627 dan dapat disimpulkan bahwa model yang dipergunakan variabel bebasnya memberikan sumbangan positif yaitu sebesar 63,5% terhadap variabel terikat. Sedangkan variabel lain yang memberikan pengaruh terhadap kinerja karyawan namun tidak diikutsertakan sebagai variabel dalam penelitian ini adalah sejumlah 36,5%.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.