FENOMENA TENTANG PERILAKU MENYIMPANG PADA SISWA SMP NEGERI 32 BANJARMASIN

Eka Sri Handayani

Sari


Masalah yang diteliti dalam penelitian ini mengenai apakah ada perilaku menyimpang pada siswa SMP Negeri 32 Banjarmasin, sedangkan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini perlu dirumuskan agar menjadi tegas dan jelas, rumusan masalah yakini gambaran perilakum menyimpang siswa SMP Negeri 32 Banjarmasin, dan faktor-faktor apa saja yang menyebabkan perilaku menyimpang pada siswa SMP Negeri 32 Banjarmasin.

Jenis Perilaku yang bagaimana yang mereka lakukan dan faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya perilaku menyimpang pada siswa SMP Negeri 32 Banjarmasin. Tujuan Penelitian tentang perilaku menyimpang yang ada dan jenis perilaku serta faktor penyebab terjadinya perilaku menyimpang pada siswa SMP Negeri 32 Bajarmasin.Tempat penelitian ini SMP Negeri 32 Banjarmasin Jalan Alalak Utara Rt.7 No.29 Kecamatan Banjarmasin Utara Provinsi Kalimatan Selatan. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa dan obyeknya perilaku menyimpang yang dilakukan siswa.

 

______________________________

  * Tenaga Pengajar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan


Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian kecil dari siswa kelas II A SLTP Negeri 32 Banjarmasin melakukan perilaku menyimpang, hal tersebut dibuktikan oleh hasil analisis data melalui wawancara bahwa sebagian kecil dari siswa pernah masuk sekolah terlambat dan pernah mengejek, mengolok teman di sekolah, jenis perilaku menyimpang yang dilakukan siswa masih pada tingkat ringan antara lain : keluar kelas tanpa izin, tidak ikut apel pagi, memperolok guru, berkelahi disekolah, merokok dan faktor penyebab yang mempengaruhi siswa dalam melakukan perilaku menyimpang yang mempengaruhi siswa dalam melakukan perilaku menyimpang adalah yang berasal dari individu sendiri (internal) dan yang berasal dari luar individu (eksternal). Faktor yang termasuk internal yaitu : tidak masuk sekolah tanpa kabar karena tidak sempat memberi kabar, siswa pernah berkelahi di sekolah karena keinginan membela diri, siswa tidak mengajarkan pekerjaan rumah (PR), karena tidak mengerti tugas yang dimaksud. Faktor eksternal yaitu : masuk sekolah terlambat karena ada rintangan jalan, berpakian seragam tidak lengkap karena meniru teman-teman.

 

Kata Kunci : Perilaku Menyimpang, Siswa


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.