PEMBELAJARAN DALAM MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) DI FKIP UNISKA BANJARMASIN (Character Education in Citizenship Education Course (Civics) in FKIP Uniska Banjarmasin)

Didi Susanto(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pem-belajaran yang dilakukan dalam mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan di FKIP Uniska.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian kualitatif dapat memberikan gambaran yang lebih, tentang apa yang diteliti karena di dalam penelitian kualitatif tidak ditentukan sampai berakhirnya penggalian data.

Hasil penelitian ini, menunjukan perencanaan pembelajaran pada mata kuliah PKn dimulai dari perencanaan kurikulum yang disesuaikan dengan visi-misi serta tujuan fakultas. Pimpinan sebagai pemangku kebijakan dalam perencanaan pembelajaran, mengarahkan dosen agar menyesuaikan silabus dan SAP dengan pedoman Statuta Uniska, Standar Operasional Prosedur (SOP) Uniska, Pedoman Akademik Uniska, serta Pedoman Tata Tertib. Pelaksanaan pembelajaran PKn didukungan oleh pimpinan fakultas dalam menunjang profesionalisme dosen, dukungan berupa komitmen yang tinggi dalam mulai dari Pimpinan Fakultas, Pejabat FKIP, Dosen serta seluruh Staf di lingkungan FKIP Uniska. Evaluasi yang dilakukan dengan mengevaluasi SAP, Silabus serta bahan ajar, pimpinan fakultas ikut berperan dalam memonitor kinerja akademik dosen melalui dosen diwajiban menyusun laporan kegiatan akademik selama satu semester serta mengevaluasi kinerja akademik dosen baik dalam keaktifan dosen mengajar.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.