EFEKTIFITAS KONSELING SINGKAT BERFOKUS SOLUSI (SOLUTION FOCUSED BRIEF THERAPY) UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN KONSELING FKIP UNLAM BANJARMASIN

M. Arli Rusandi, Ali Rachman

Sari


Mahasiswa yang memiliki self-esteem rendah merasa tidak puas dengan dirinya, memandang hidup dan berbagai kejadian dalam hidup sebagai hal yang negatif, dan berfikir yang tidak membangun atau merasa tidak mampu membantu diri sendiri. Dalam upaya untuk melakukan konseling yang memperhatikan konteks waktu dan aplikatif terutama di kampus maka salah satu pendekatan konseling yang akan digunakan adalah Konseling Singkat Berfokus Solusi (Solution-Focused Brief Therapy/SFBT). Konseling Singkat Berfokus Solusi merupakan pen-dekatan terapi atau konseling yang memiliki konsep yang sederhana dan mudah pada sisi praktikalnya lebih difokuskan pada bagaimana mencari pemecahan (solusi) daripada diorientasikan pada masalah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana penerapan Konseling Singkat Berfokus Solusi membuahkan perubahan terapeutik dalam meningkatkan harga diri (self-esteem) mahasiswa.


Dalam menjawab permasalahan penelitian digunakan rancangan penelitian Quasi Experimental Design. Dalam desain penelitian ini rancangannya bermanfaat untuk mengembangkan suatu treatment, menguji proses dari sebuah intervensi atau tindak lanjut dari hasil eksperimen. Desain ini dapat di-wujudkan melalui pemerolehan data yang bersifat kualitatif yang disertakan dalam desain eksperimental. Penelitian dilakukan pada subyek yang diklasifikasikan atas dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dalam hal ini kelompok eksperimen dan kontrol adalah mahasiswa Program Studi Bimbing-an dan Konseling FKIP Unlam Banjarmasin yang menunjukkan gejala-gejala rendah harga diri (self esteem). Teknik pengumpulan data dengan mengguna-kan Rosenberg’s Self Esteem Scale (RSES).

Hasil penelitian ini dilihat dari hasil secara kuantitatif ditemukan bahwa ada perbedaan tingkat harga diri ketika mahasiswa sebelum mendapatkan konseling singkat berfokus solusi dan sesudah men-dapatkan konseling singkat berfokus solusi. Dengan menggunakan rumus t-tes didapatkan bahwa thit  > dari ttab (5,650 > 2,776 dengan taraf kepercayaan 95%). Dengan kata lain Konseling singkat berfokus solusi mempunyai efek pada perubahan terapeutik untuk peningkatan harga diri (self-esteem) mahasiswa.

Saran untuk konselor, perlu tambahan satu atau dua sesi diawal untuk membiarkan konseli menceritakan permasalahan dan mengekspresikan emosinya dan pada sesi ini peneliti hanya melakukan emphatic listening. Hal ini bertujuan untuk menurunkan intensitas emosi konseli agar konseling singkat berfokus solusi dapat dilakukan secara efektif. Sedangkan untuk peneliti selanjutnya, hendaknya menguasai teknik konseling singkat berfokus solusi sehingga memiliki banyak pemilihan pertanyaan untuk menggali masalah, penetapan tujuan dan elaborasi solusi.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.