PELATIHAN PROGRAM PAKET NIAGA UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI TIK BAGI GURU DAN SISWA MADRASAH ALIYAH NAHDATUSSALAM DESA ANJIR SERAPAT

Sefto Pratama(1*), Silvia Ratna(2), Budi Ramadhani(3), Hidayatul Rahman(4)

(1) Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Islam Kalimantan
(2) Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Islam Kalimantan
(3) Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Islam Kalimantan
(4) Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author

Sari


Tidak bisa dihindari bahwa untuk zaman sekarang harus membuat kita mengenal teknologi
informasi. Semua instansi baik swasta maupun pemerintah telah beralih menggunaan sistem
baik dari segi administrasi maupun pelayanan. Jadi seharusnya telah diajarkan untuk pelatihan
atau pengatuan tentang teknologi informasi dalam hal ini berupa pengetahuan perangkat lunak
dan perangkat keras yang dijadikan satu paker bernama program paket niaga. Objek
Pengabdian yang telah di observasi sebelumnya adalah pada SMA Madrasah Aliyah
Nahdatussalam Anjir Serapat. Pada sekolah tersebut belum adanya perangkat teknologi
informasi yang memadai, baik untuk sarana atau tenaga ahli yang bisa mengajar siswa
tersebut. Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini diikuti oleh 24 orang peserta. Dengan demikian
dapat dikatakan bahwa target peserta tercapai 58%. Ketercapaian tujuan pendampingan
pelatihan ini secara umum sudah baik dan tepat sasaran, maka dapat disimpulkan bahwa
tujuan kegiatan ini dapat tercapai. Ketercapaian target materi pada kegiatan ini cukup baik,
karena materi pendampingan telah dapat disampaikan secara keseluruhan. Kemampuan
peserta dilihat dari penguasaan materi cukup baik, karena berdasarkan evaluasi kemampuan
peserta dalam penguasaan materi sebanyak 93,5% yang sebelumnya hanya 26%


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


J. Garnaut, “New Microsoft Office Word Document,” Smh. 2012.

B. Sumintono, S. A. Wibowo, N. Mislan, and D. H. Tiawa, “PENGGUNAAN

TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PENGAJARAN:

SURVEI PADA GURU-GURU SAINS SMP DI INDONESIA,” J. Pengajaran Mat.

dan Ilmu Pengetah. Alam, 2012.

D. Abdullah, “Potensi teknologi informasi dan komunikasi dalam peningkatan

mutu pembelajaran di kelas,” Potensi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam

Peningkatan Mutu Pembelajaran Di Kelas. 2009.

D. Agung et al., “PENERAPAN E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN,”

Seruni Semin. Ris. Unggulan Nas. Inform. dan Komput., 2012.

W. N. Hidayat, M. Muladi, and M. A. Mizar, “Studi Integrasi Tik Dalam

Pembelajaran Di Sekolah Menengah Kejuruan,” J. Pendidik., 2016.

H. R. Budiana, “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam

Pembelajaran bagi Para Guru SMP 2 Kawali Desa Citeureup Kabupaten Ciamis,” J.

Apl. Ipteks untuk Masy., 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppkmdu.v0i1.8549

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.