MENINGKATKAN KETERAMPILAN KONSELING MELALUI PELATIHAN KONSELING KELOMPOK PADA GURU BK DI SMP KOTA BANJARMASIN

Ainun Heiriyah(1*), Rudi Haryadi(2)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author

Sari


Kondisi guru bimbingan dan konseling di Sekolah Menengah Pertama di
kota Banjarmasin hampir 95% dari seluruh guru BK di SMP kota Banjarmasin
belum menyandang profesi (Konselor). Sesuai dengan UU Nomor 14 Tahun 2015
tantang guru dan Dosen mengemukakan bahwa profesional adalah pekerjaan atau
kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber penghasilan
kehidupan yang memerlukan keahlian, kemandirian, atau kecakapan yang
memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi.
Permasalahan tersebut dapat dirumuskan sebagai berikut: (1) minimnya
pengetahuan dan kreativitas guru bimbingan dan konseling terhadap unsur-unsur
yang terkait dalam pelaksanaan konseling kelompok; dan (2) kurangnya
keterampilan guru bimbingan dan konseling di SMP kota Banjarmasin dalam
pelaksanaan tata cara layanan konseling kelompok secara teratur yang sesuai
dengan tahapan-tahapan konkrit konseling kelompok. Solusi yang digunakan oleh
pelaksana kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah: (1) memberikan
informasi mengenai prosedur dan unsur-unsur yang harus diketahui guru
bimbingan dan konseling di SMP kota Banjarmasin dalam persiapan dan
pelaksanaan konseling kelompok; dan (2) memberikan pelatihan keterampilan
konseling kelompok bagi guru bimbingan dan konseling di SMP kota Banjarmasi.
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini mempunyai 3 (tiga) metode
yaitu: (1) metode ceramah; (2) metode pelatihan; dan (3) metode evaluasi. Sasaran
kegiatan teridiri dari 5 (lima) kecamatan di banjarmasin dan peserta kegiatan
sebanyak 53 orang.
Bentuk evaluasi dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat
dilihat dari hasil kuesioner menunjukkan bahwa tingkat pemahaman peserta
kegiatan terhadapt meteri kegiatan termasuk dalam kategori sedang. yang terdiri
dari aspek tertinggi adalah pemahaman tentang konsep dasar konseeling
kelompok skor 6,7 dan aspek kepercayaan diri untuk mengaplikasikan konseling
kelompok skor 6,7.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Folastri Sisca & Rangka, Itsar Bolo. 2016. Prosedur Layanan Bimbingan &

Konseling Kelompok.Bandung. Mujahid Press.

Http://id.m.wikipedia.org.pelatihan. diakses jam 12.45, pada tanggal 08 maret

Kurnanto, Edi M. 2013. Konseling Kelompok. Bandung. Alfabeta.

Nurfuadi. 2012.Profesionalisme Guru. Purwokerto. STAIN Press

Prayitno. 2012. Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang.

Program Pendidikan Profesi Konselor.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppkmdu.v0i1.8504

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.