RINGKASAN PENINGKATAN PENDAPATAN SERTA MEMPERTAHANKAN KONTINYUITAS USAHA KACANG HIJAU GORENG NOOR ASIAH

Prihatini Ade Mayvita(1*), Dwi Aritiningsih(2), Erni Alfisah(3), Kumara Efrianti(4)

(1) Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan
(2) Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan
(3) Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan
(4) Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author

Sari


Era globaliasi dewasa ini perkembangan dunia usaha semakin pesat. Jenis usaha
yang terus tumbuh dan berkembang adalah UMKM. Sektor UMKM merupakan usaha
yang dapat bertahan pada masa krisis ekonomi, sampai dengan Juli 2018 sektor umkm
dapat memperkerjakan 107,6 juta penduduk Indonesia dengan berkontribusi 60,6% terhadap
PDB Indonesia. Peekembangan teknologi berdampak pada bermunculannya beraneka
ragamnya produk baru. Dengan semakin banyaknya bermunculan usaha-usaha baru
dengan bentuk produk dan jasa yang beraneka ragam menyebabkan persaingan usaha
semakin ketat. Perubahan pada lingkungan bisnis berdampak pada perubahan selera
dan preferensi konsumen yang gilirannya menuntut inovasi dan kreatifitas setiap
organisasi untuk menyempurnakan produk yang sudah ada dan mengembangkan
produk baru. Packaging produk (kemasan) dan inovasi merupakan salah satu strategi
pemasaran untuk kelangsungan hidup dan profitabilitas usaha yang masih belum
dipahami oleh pelaku usaha khususnya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yaitu
usaha kacang hijau goreng dan telur asin “Asiah” milik ibu Noor Asiah yang berada di
kelurahan Kuin Utara Rt 11 kecamatan Banjarmasin Utara. Selain itu legalitas produk
yang belum dimiliki oleh pelaku usaha apabila diupayakan dalam pemilikannya dapat
memberikan rasa aman bagi konsumen untuk memilih suatu produk dan berdampak
juga bagi perluasan pemasaran. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah
memberikan informasi (penyuluhan) bagi tentang pentingnya kemasan yang baik
inovasi produk dan legalitas produk bagi peningkatan pendapatan dan kelangsungan
usaha. Hasil kegiatan pengabdian yang dilaksanakan dengan metode penyuluhan dan
diskusi adalah adanya respon positif dari mitra, perubahan pemahaman mitra tentang
packaging produk, kemasan dan inovasi produk,proses produksi yang berjalan lebih
efisisen serta perubahan pada kemasan produk. Sedangkan saran dari kegiatan ini yaitu
agar mitra dapat mempromosikan produknya, melakukan inovasi pada produk,
memperluas saluran distribusi, serta memberi merek dagang pada label kemasan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Cahyorini & Rusfian. 2011. The Effect of Packaging Design on Impulsive Buying.

Journal of Adminstratif Science & Organization. 11-21

Drucker, Peter F (diterjemahkan oleh Rusyidi Naib). Inovasi dan Kewirausahaan

Praktek dan Dasar-dasar. 1988. Erlangga. Indonesia.

Klimchuk, Marianne Rosner dan Sandra A. Krasovec. 2007. Desain Kemasan dan

Perencanaan Merek Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep sampai Penjualan,

Jakarta. Erlangga

Kotler, P & Keller. 2012. Marketing Management (14 th ed). Edinburg Gate: Pearson

Education

Kotler, P & Amstrong, Gary. 2008. Principles of Marketing (12th ed). New Jersey.

Pearson Prentice Hall.

Kusrianto, Andi. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta; ANDI

Mustikiwa, Munyaradzi, & John Arumba. 2013. The Impact of Aesthetics Package

Design Element of Consumer Purchase Intention; A Case of Locally Produeed

Dairy Products on Southern Zimbabwe. IOSR Journal of Business and

Manegement. Volume 8, Issues 5 (Mar-April 2013) pp. 64-71.

Rogers, Everest M & F Floyd Shoemaker (diterjemahkan oleh Abdillah Hanafi).

Memasyarakatkan Ide-ide Baru. 1987. Usaha Nasional Surabaya.

Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Dalam Desain Grafis . Jakarta. Gramedia Pustaka

Utama




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppkmdu.v0i1.8494

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.