PELATIHAN MENGEMBANGKAN USAHA MELALUI KREATIFITAS SUMBERDAYA MANUSIA HOME INDUSTRI AMPLANG SEI JINGAH BANJARMASIN

Dwi Wahyu Artiningsih(1*), Farida Yulianti(2), Lamsah Lamsah(3), Hairul Hairul(4)

(1) Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan
(2) Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan
(3) Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan
(4) Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author

Sari


Salah satu pemanfaatan kekayaan sumber daya alam berupa hasil olahan ikan tenggiri di
Banjarmasin adalah krupuk amplang. Amplang adalah makanan ringan tradisional yang terbuat
dari ikan dan kemudian terkenal di sekitar Kalimantan Selatan. Amplang terbuat dari ikan
tenggiri, yang dicampur dengan tepung kanji dan bahan-bahan lainnya, dan kemudian digoreng.
Usaha industri makanan amplang menjadi primadona makanan / camilan daerah hingga kota-
kota lain bahkan digemari para wisatawan dari mancanegara, salah satunya adalah MHA
Amplang. Pengolah industri MHA amplang saat ini menghadapi persaingan baik persaingan
makanan camilan maupun krupuk amplang yang sejenis. Hal ini dikarenakan pengolah industri
MHA amplang masih belum memposisikan diri sebagai wirausaha yang berkualitas, kreatifitas
menjadi modal dasar. Dan masih kurang menyadari bahwa pengolah industri makanan sangat
dipengaruhi oleh perkembangan permintaan masyarakat, sehingga permintaan yang berkembang
terus menuntut kreatifitas wirausaha yang tinggi, dan variasi produk sangat monoton, sehingga
kadang menimbulkan kejenuhan dari konsumen. Tujuan penyuluhan ini untuk membantu
pengolah industri amplang dalam mengembangkan usaha kreatifitas menghasilkan jenis produk
yang lain selain amplang, agar mampu bersaing dengan produk olahan lain. Metode yang
digunakan dalam melaksanakan kegiatan pengabdian ini adalah metode ceramah, tanya jawab
dan diskusi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agung Raharjo Wibowo Kusumo. 2006. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Inovasi

Produk untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing dan Kinerja Pemasaran (Studi

Industri Batik Skala Besar dan Sedang di Kota dan Kabupaten Pekalongan). Tesis.

Universitas Dipenogoro, Semarang.

Amani. 2014. Analisa Pengaruh Pelatihan Ketrampilan Menjual Terhadap Kinerja Tenaga

Penjualan. Tesis. Program Pendidikan Magister Profesi Psikologi. Fakultas Psikologi.

Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.

Fontana, Avanti.2011. Innovate We Can!. Bekasi : Cipta Inovasi Sejahtera.

Robbins, SP. 1996. Perilaku Organisasi, Konsep Kontroversi, Aplikasi, dialih bahasakan oleh

Hadayana Pujaatmaka, Jakarta : PT Prenhallindo

Sugito, S.P. 2001. Pengembangan Model Pendaftaran Merek Secara Massal sebagai Sarana

Pemberdayaan Kalangan Pengusaha Industri Kecil di Bidang Haki Menghadapi Era

Pelaksanaan Trip’s di Indonesia, Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Universitas Brawijaya Malang

Vol 13 No. 2

Tjiptono, Fandy, 2008, Strategi Pemasaran, Edisi 3, ANDI: Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppkmdu.v0i1.8488

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.