PENYULUHAN STRATEGI PEMASARAN INDUSTRI RUMAH TANGGA KERUPUK IKAN DAN UDANG DI KUIN UTARA BANJARMASIN

Apriya Santi(1*), Rina Rina(2)

(1) Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan
(2) Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author

Sari


Peluang usaha industri rumah tangga kerupuk ikan gabus dan udang sangat potensial
untuk dikembangkan di kota Banjarmasin. Dalam kegiatan pengabdian kepada
masyarakat ini pelaksana mengamati bahwa permasalahan utama yang dihadapi oleh
mitra industri rumah tangga kerupuk ikan gabus dan udang dengan merk “Berkat
Mama” ini yaitu belum memiliki strategi pemasaran yang jelas dari segi produk,
tempat penjualan dan promosi. sehingga usaha ini meski telah dijalankan puluhan
tahun tapi sulit untuk mereka kembangkan padahal produk yang mereka hasilkan
memiliki potensi pasar yang besar.
Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan solusi
atas permasalahan mitra, maka pelaksana dan mahasiswa melakukan penyuluhan
secara berkelanjutan tentang pengelolaan strategi pemasaran, yang dilakukan dalam
kurun waktu 3 bulan. Dalam pelaksanaannya dilakukan dengan cara mengganti
kemasan agar lebih menarik minat konsumen terutama untuk produk yang akan
dipasarkan di toko oleh-oleh. Mengganti label biasa menjadi label berwarna berupa
sticker dan kertas biasa. Membuat spanduk dengan warna yang eye catching yang
menjelaskan kepada khalayak bahwa di tempat tersebut menjual kerupuk ikan dan
udang. Untuk memperluas daerah pemasaran dan mengenalkan produk kerupuk ikan
dan udang “Berkat Mama” ini kepada khalayak sasaran yang lebih luas maka dibuka
akses dan kesepakatan dengan toko-toko, mini market dan rumah makan untuk
melakukan penjualan konsinyasi termasuk berjualan di siring kota Banjarmasin dan
lewat media sosial. Kegiatan penyuluhan ini cukup berpengaruh positif terhadap
peningkatan penjualan, meskipun masih dalam masa pengenalan kepada khalayak
sasaran yang lebih luas. Dimana penjualan ke toko oleh-oleh, rumah makan dan mini
market ini bisa meningkatkan penjualan sekitar 50% dari omzet penjualan
sebelumnya yang rata-rata hanya sekitar Rp.135.000,- /hari meningkat menjadi
Rp.200.000,-/hari.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


www.academia.edu (Tanggal akses : 23 Maret 2018)




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppkmdu.v0i1.8485

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.