PENGUKURAN STATUS GIZI DAN PENYULUHAN KESEHATAN UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN GIZI PADA MAHASISWA PRODI EKONOMI SYARIAH DI FAKULTAS SYARIAH DAN EKONOMI ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) ANTASARI BANJARMASIN

Siska Dhewi(1*), Ahmad Zacky Anwary(2), Eka Handayani(3)

(1) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Kalimantan
(2) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Kalimantan
(3) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author

Sari


Status Gizi adalah keadaan tubuh yang diakibatkan oleh keseimbangan antara
asupan zat gizi dengan kebutuhan. Kesimbangan tersebut dapat dilihat dari
variabel pertumbuhan, yaitu berat badan, tinggi badan atau panjang badan, lingkar
kepala, lingkar lengan, dan panjang tungkai. Metode yang dilakukan dalam
kegiatan pengabdian ini adalah dengan melakukan pengukuran status gizi (IMT,
LILA dan Lingkar Perut). Dari 35 mahasiswa di dapatkan 14 (40%) mahasiswa
termasuk dalam kategori status gizi normal dan 21 (60%) mahasiswa kategori
status gizi tidak normal (status gizi lebih dan status gizi kurang), kemudian
dilanjutkan dengan penyuluhan, yakni pemberian informasi (edukasi) tentang apa
saja yang bisa mempengaruhi status gizi seseorang terutama saat remaja, kegiatan
ditutup dengan sesi tanya jawab. Terjadi peningkatan pengetahuan sebelum dan
sesudah diberikan penyuluhan dari pengetahuan baik 34% meningkat menjadi
83% mahasiswa yang mempunyai pengetahuan baik tentang status gizi.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arisman, 2007. Buku Ajar Ilmu Gizi, Gizi dalam Daur Kehidupan. Jakarta:

Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Azrimaidaliza dan Idral Punakarya, 2011. Analisis Pemilihan Makanan pada

Remaja di Kota Padang Sumatera Barat. Kesmas, Jurnal Kesehatan

Masyarakat Nasional, Vol. 6 No. 1, Agustus 2011.

Elnovriza, Deni., Hafni Bachtiar, Yenrina, 2009. Hubungan Pengetahuan dan

Asupan Zat Gizi Dengan Status Gizi Mahasiswa di Asrama Universitas

Andalas. Jurnal Kesehatan Masyarakat, Vol. 4 No. 1, September 2009 –

Maret 2010.

Hidayati, Khoirul Bariyyah, dan M. Farid, 2016. Konsep Diri, Adversity Quotient

dan Penyesuaian Diri pada Remaja. Pesona, Jurnal Psikologi Indonesia,

Vol. 5 No. 02, hal 137-144, Mei 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppkmdu.v0i1.8477

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.