PEMILIHAN BAHAN DINDING YANG IDEAL PADA BANGUNAN DI PINGGIR SUNGAI DI KOTA BANJARMASIN

Hudan Rahmani(1*), Akhmad Gazali(2)

(1) Fakultas Teknik, Universitas Islam Kalimantan
(2) Fakultas Teknik, Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author

Sari


Rumah di pinggiran sungai di kota Banjarmasin menghadapi beberapa
masalah yang antar lain rendahnya daya dukung tanah, langkanya kayu bermutu
tinggi, tidak amannya bahan bangunan mutu yang rendah dari bahaya kebakaran
dan umur bahan yang pendek. Beberapa aspek tersebut saling berkaitan, sebagai
jalan keluar untuk mencari bahan yang awet, inilah didapat dengan berkuantinitas
tinggi dan tidak mudah terbakar terutama pada bahan bagian badan bangunan
seperti dinding, atap, lantai dan lainnya. Daya dukung tanah yang rendah sampai
pada kedalaman 40 meter menyebabkan rendahnya daya dukung pondasi
bangunan yang umumnya menggunakan pondasi cerucuk/tiang pancang/cerucuk.
Tiang pancang untuk bangunan rumah umumnya tidak sampai pada tanah keras
sehingga faktor pendukungnya hanya pada gesekan sisi (skin fraction) dan
tahanan ujung tiang (end block) faktor pendukung ini sangat kecil. Agar bahan
dinding dari suatu bangunan rumah mempunyai nilai berat yang minimal, ada
beberapa cara untuk menciptakan suatu bentuk dinding, konstruksi dinding yang
nilai beratnya rendah seperti antara lain dibuat tipis, berongga dan cara perletakan
bahannya.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Highway Capacity Manual, Transportation Research Board, Washington DC,

(1985).

Kay, Adolf D. Traffic Flow Fundamentals, Prentice-Hall, Inc. Englewood Cliffs,

N.J.USA., (1990)

Menuju Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Yang Tertib, Departemen Perhubungan

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Jakarta, 1995.

Pignataro. L.J. Traffic Engineering, Theory and Practice, Prentice-Hall, Inc.

Englewood Cliffs, N.J. USA, (1973).

Traffic Engineering Hand book, Institute of Transportation Engineers Prentice-

Hall, Inc. Englewood Cliffs, N.J. EISA. , (1992).

Transportation and Traffic Engineering Handbook, Institute of Transportation

Engineers, (1982).

Wohl and Martin, Traffic System Analysis for Engineers, Mc-Graw-Hill, USA,

(1967).




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppkmdu.v0i1.8453

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.