PELATIHAN BERHITUNG DENGAN METODE JARIMATIKA UNTUK GURU-GURU DAN SISWA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL MUNAWWARAH DI DESA HANDIL BARU KECAMATAN ALUH- ALUH KABUPATEN BANJAR KALIMANTAN SELATAN

Ayu Novia Lisdawati(1*), Moethia Faridha(2)

(1) Fakultas Teknik, Universitas Islam Kalimantan
(2) Fakultas Teknik, Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author

Sari


Telah dilakukan Pelatihan Berhitung Dengan Metode Jarimatika Untuk Guru-
Guru Dan Siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Munawwarah Di Desa
Handil Baru Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan.
Pelatihan ini bertujuan memberikan metode alternatif bagi guru dalam
mengajarkan matematika khususnya dalam hal berhitung (penambahan,
pengurangan, dan perkalian), meningkatkan motivasi dan rasa ingin tahu siswa
untuk pelajaran berhitung, dan memberikan kemudahan berhitung karena adanya
visualisasi proses berhitung. Kegiatan pelatihan dibagi menjadi tiga tahap yaitu
tahap awal, tahap pelaksanaan kegiatan, dan tahap akhir. Khalayak sasaran
kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah enam orang guru dan sebelas siswa
kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Al Munawwarah di desa Handil Baru. Dengan
adanya pelatihan tersebut para guru memiliki metode alternatif dalam mengajar
berhitung selain metode yang umum, secara umum motivasi dan rasa ingin tahu
siswa untuk pelajaran berhitung semakin meningkat terlihat dari siswa kelas VI
yang antusias dan mudah mengerti materi pelatihan, dan metode jarimatika sangat
membantu utnuk para guru dan siswa khususnya untuk operasi berhitung
perkalian.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Nurani, A dkk. 2014. Perancanngan Buku Interaktif Jarimatika Penjumlahan dan

Pengurangan sebagai Alternatif Pembelajaran Matematika untuk Anak

usia 5-7 Tahun. Jurnal Sains dan Seni POMITS Vol.3, No 1.

Prihastuti. Pengaruh Braingym Terhadap Peningkatan KecakapanBerhitung

Siswa Sekolah Dasar.

Wulandari, S P .2006. Jarimatika. www.ibuprofesional.org. Diakses tanggal 21

Juli 2017.

Zayanti, DA dkk. 2013. Pelatihan Berhitung dengan Jarimtika untuk Guru-Guru

Sekolah Dasar di Inderalaya.Jurnal Pengabdian Sriwijaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppkmdu.v0i1.8449

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.