PELATIHAN FUN TAHSIN DI RUMAH QUR‟AN AL-AZHAR Al-SYARIF DESA MANARAP TENGAH

Muhammad Iqbal Ansari(1*), Barsihanor Barsihanor(2)

(1) Fakultas Studi Islam, Universitas Islam Kalimantan
(2) Fakultas Studi Islam, Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author

Sari


Tenaga Pendidik Rumah Qur‘an Al-Azhar Al-Syarif selama ini
melaksanakan pembelajaran tajwid Al-Qur‘an untuk peserta didik usia SD/MI
dengan cara konvensional, yaitu dengan metode ceramah. Berdasarkan temuan
awal, hal tersebut terjadi karena pendidik belum mempelajari metode
pembelajaran tajwid yang berbasis active learning. Oleh karena itu, melalui
pengabdian kepada masyarakat ini, penyusun melaksanakan pelatihan dan
pendampingan kepada guru Rumah Qur‘an Al-Azhar Al-Syarif dalam
menggunakan metode Fun Tahsin. Fun Tahsin adalah suatu metode pembelajaran
tajwid yang mengajarkan kaidah tajwid dengan nyanyian dan gerak, sehingga para
peserta akan aktif secara visual, audio, dan kinestetik ketika proses pembelajaran,
sesuai dengan kaidah pembelajaran yang menyenangkan. Pengabdian kepada
masyarakat ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan participatory
action research, yaitu dengan mengidentifikasi masalah dan kemudian membuat
rencana aksi untuk menyelesaikannya. Pengabdian kepada masyarakat ini diikuti
oleh 12 orang tenaga pendidik RQ Al-Azhar Al-Syarif. Setelah mengikuti
pelatihan Fun Tahsin, tenaga pendidik mengaplikasikannya dalam pembelajaran
tajwid di kelas yang dilaksanakan setiap menjelang waktu maghrib. Berdasarkan
hasil pendampingan peneliti, para santri dan santriwati antusias dan aktif dalam
mengikuti pembelajaran.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ervina, Widya. 2015. Efektivitas Metode Bernyanyi Terhadap Pengenalan Huruf

Hijaiyyah di Taman Kanak-kanak Bhayangkari 3 Padang. Jurnal Pesona

Paud: Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu

Pendidikan, Universitas Negeri Padang. ISSN 2337-8301.

Imana, Yudi. 2015. Metode Asyaroh Fun Tahsin. Bandung: Menara Al-Qur‘an

Press.

Machmudah, Umi. dan Abdul Wahab Rosyadi. 2010. Active Learning dalam

Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Malang Press.

Muaabad, Muhammad. 2015. Panduan Lengkap Ilmu Tajwid. Bogor: Taqiya

Publishing.

Thohari, Hamim. 2014. Al-Qur‟an Metode Tikrar. Bandung: Sygma Examedia.

Tim Yayasan Muntada Islami. 2012. Panduan Mengelola Sekolah Tahfizh.

Surakarta: Al-Qowam.

Wahyudi, Moh. 2008. Ilmu Tajwid Plus. Surabaya: Halim Jaya.

Zuraida, Renny. 2017. Faaliyatu Thariqah Al-Ghina Fii Tahsin Itqan Al-Mufradat

Al-„Arabiyyah Li At-Thalabati Fii Al-Fashli Ar-Raabi‟ Fii Al-Madrasah

Al-Ibtidaiyah Al-Muhammadiyah Ambaar Yukyaakartaa. Skripsi. Fakultas

Pendidikan Bahasa, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas

Muhammadiyah Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppkmdu.v0i1.8415

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.