PELATIHAN BERBICARA BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN PICTURE SERIES DI LINGKUNGAN PANTI ASUHAN MUHAMMADIYAH BANJARMASIN

Muhammad Arbain(1*), Fitra Ramadani(2), Hartatya Novika(3)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author

Sari


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan (1) untuk memberikan
pengetahuan dan pemahaman keterampilan berbicara dalam bahasa Inggris dan
(2) untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai pemanfaatan
picture series sebagai media pembelajaran dalam melatih keterampilan berbicara
dalam bahasa Inggris. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan dalam bentuk
ceramah, diskusi dan pelatihan. Hasil dari pelaksanaan pengabdian ini
mengungkap bahwa anak-anak Yayasan Panti Asuhan Muhammadiyah
Banjarmasin mengaku senang dengan diadakannya kegiatan pelatihan berbicara
dalam bahasa Inggris ini. Adapun permasalahan yang kerap dialami mereka dalam
praktik keterampilan adalah permasalahan yang berkaitan dengan faktor internal
dan faktor eksternal. Secara keseluruhan pelatihan berbicara dalam bahasa Inggris
menggunakan picture series sebagai media di hari kedua jauh lebih efektif
ketimbang berbicara bahasa Inggris tanpa media (di hari pertama). Hal ini bisa
dilihat di hari kedua pelaksanaan kegiatan, dimana 7 dari 10 anak mampu
menunjukkan performa lisan mereka dengan menggunakan picture series dengan
teknik story telling dan tanya jawab. Berbeda dengan pelaksanaan di hari pertama,
yang hanya 3 dari 10 orang anak yang mampu menunjukkan performa lisan tanpa
menggunakan picture series dengan teknik yang sama yakni story telling dan
tanya jawab.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bowen, M.B. 1991. Look here! Visual Aids in Language Teaching. London:

Modern English Publishers.

Perdana, Iwan. 2012. The Teaching of Speaking at SMA Islam Sabilal Muhtadin.

Malang: Islamic University of Malang: Unpublished Thesis.

Ratnasari, Elok. 2010. Using Picture Series to Improve the Ability of the 8 th

Graders of MTs. Surya Buana Malang in Writing Narrative Texts. Malang:

English Department, Faculty of Letters, State University of Malang.

Unpublished S1 Thesis.

Rose, D.H. & Mever, A. 2002. Teaching every Student in the Digital Age:

Universal design for Learning. Alexandria, VA: Association for

Supervision and Curriculum Development.

Rustiani. 2009. Improving the Students’ Writing Ability of Recount Text Using

Picture Series at SMPN 3 Tulungagung. Malang: Islamic University of

Malang: Unpublished Thesis.

Wright, Andrew. 1989. Pictures for Language Learning: Cambridge University

Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppkmdu.v0i1.8397

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.