GREEN ECONOMY WORKSHOP : MEMPERSIAPKAN WIRAUSAHA MUDA YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN DI SMKN 3 BANJARMASIN

Rizka Zulfikar(1*), Prihatini Ade Mayvita(2)

(1) Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan
(2) Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author

Sari


Masih sedikitnya pengetahuan dan pendidikan berwawasan lingkungan yang
diterima oleh para siswa di SMKN 3 Banjarmasin, belum terbentuknya pola pikir
berwawasan lingkungan dan belum termotivasinya para siswa untuk menerapkan
konsep-konsep green economy di lingkungan mereka. menjadi persoalan prioritas
yang disepakati pengusul dan mitra. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat
ini dalam bentuk workshop dengan metode ceramah, diskusi dan presentase
dengan media audio visual. Ceramah dan diskusi akan dilakukan untuk materi-
materi (a) Pengertian dan Definisi Green Economy dan Kebijakan pemerintah
yang berkaitan, (b) Maksud dan Tujuan Green Economy, (c) Mengenal
kerusakan-kerusakan lingkungan akibat tidak diterapkannya green economy. (d)
Penerapan Green Economy di lingkungan siswa dan masyarakat, (e) Teknik
sederhana penerapan 3 pilar green economy (Reuse, Reduce dan Recycle), (f)
Mengenalkan dan memberdayakan peluang usaha dalam era green economy, (g)
Pengenalan pembuatan produk ramah lingkungan berupa edible water bottle
sebagai produk ramah lingkungan dan produk alternatif pengganti gelas plastik.
Teknik evaluasi kegiatan dilakukan untuk menilai keberhasilan kegiatan ini adalah
dalam bentuk memberikan pre test dan post test berkaitan dengan materi yang
dibicarakan dalam kegiatan ini untuk mengetahui efektivitas kegiatan pengabdian
masyarakat yang dilakukan untuk memberikan tambahan pengetahuan dan
memotivasi seluruh peserta agar menjadi wirausaha muda yang berwawasan
lingkungan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bird, E. Lutz, R dan Warwick, C. 2008 Media as Partners in Education for

Sustainable Development: A Training and Resource Kit. United Nations

Scientific, Educational and Cultural Organization (UNESCO) Series on

Journalism Education (Paris: UNESCO, 2008): 42.

Mills, R. M.. 2012. What It Means to Go Green: Reduce, Reuse, Repurpose, and

Recycle. Logan. Utah State University.

Muaddab, H. 2015. Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Perilaku Konsumsi

Hijau Pada Siswa SMK Negeri Se Kabupaten Jombang. Edusentris :

Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran.. 2 (2) : 126 – 145.

Nagaraju, B. dan Thejaswini H.D. 2016. A Study On Consumer Attitude

Towards Eco-Friendly FMCG Products With Reference To Hubli City In

Karnataka. IOSR Journal Of Business And Management (IOSR-JBM).

Vol.18 (11): 58-63.

Peraturan Pemerintah No. 66. 2010. Perubahan Atas Peraturan Pemerintah

Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan Dan Penyelenggaraan

Pendidikan. Dikeluarkan Oleh Kantor Kementerian Hukum Dan Hak

Asasi Manusia Republik Indonesia Tanggal 28 September 2010. Jakarta.

Venkataraman, B. 2009. Educational For Sustainable Development.

Environment Magazine. Maret – April 2009. 51 (2) : 8 – 10.

Zulfiikar, R dan Mayvita. P.A. 2017 Tingkat Kepercayaan dan Minat Beli

Masyarakat Banjarmasin Terhadap Produk Hijau Berdasarkan Segmentasi

Demografis. Prosiding Seminar Nasional ASBIS (Applied Science,

Business and Information System) - 2017. Politeknik Negeri Banjarmasin.

Vol. 2 (2) : 410 - 426.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppkmdu.v0i1.8385

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.