ENYULUHAN INOVASI PRODUK DAN KEMASAN BAGI KELOMPOK USAHA DI JALAN PULAU LAUT RT 3, KELURAHAN ANTASAN BESAR KECAMATAN BANJARMASIN TENGAH

Prihatini Ade Mayvita(1*), Rizka Zulfikar(2)

(1) Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan
(2) Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author

Sari


Inovasi produk dan kemasan merupakan salah satu strategi pemasaran untuk
kelangsungan hidup dan profitabilitas usaha yang masih belum dipahami oleh
pelaku usaha khususnya Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di Jalan Pulau
Laut Rt 3 Kelurahan Antasan Besar Kecamatan Banjarmasin Tengah yang terdiri
dari beberapa usaha yaitu usaha pembuatan roti, kue Untuk-untuk, kue basah khas
Banjar dan Rempeyek. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah memberikan
informasi (penyuluhan) bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) tentang pentingnya
inovasi produk dan kemasan, menanamkan kesadaran kepada pelaku usaha
tersebut agar dapat terus berkreasi dan berinovasi demi kelangsungan hidup
usahanya. Hasil dari kegiatan tersebut yaitu respon positif dari semua peserta yang
terlihat dari banyaknya pertanyaan dari peserta serta diskusi yang berjalan secara
aktif, serta pelaku usaha memiliki pemahaman dan kesadaran untuk melakukan
inovasi pada produk yang mereka hasilkan serta inovasi pada kemasannya


Referensi


Fandi Tjiptono, 2008. Pemasaran Strategic. Yogyakarta : Andi

Keegan, Warren J, 2002. Global Marketing Management 7 th edition. New Jersey.

Prentice Hall

Kotler, Philip, 2005. Manajemen Pemasaran jilid 1 . Prentice Hall

Kotler, Philip, 2005. Manajemen Pemasaran jilid 2 . Prentice Hall




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppkmdu.v0i1.8383

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.