PELATIHAN SOCIAL LEARNING NETWORK EDMODO PADA MTsN 1 BARITO KUALA

Agus Setiawan(1*), Jauhari Maulani(2), Ahmadi Ahmadi(3)

(1) Universitas Islam Kalimantan
(2) Universitas Islam Kalimantan
(3) Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author

Sari


Berdasarkan Undang-Undang RI No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen yang berkaitan dalam hal beberapa kompetensi yang harus terus dikembangkan seorang Guru profesional, diantaranya kemampuan dan keterampilan dalam memanfaatkan fasilitas sarana prasarana teknologi informasi dan komunikasi dalam upaya untuk mendukung proses pembelajaran di Sekolah terutama di masa pandemi Covid-19. Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk membantu MTsN 1 Barito Kuala yang masih mengalami kesulitan dalam memanfaatkan sarana teknologi informasi dan komunikasi seperti e-learning berbasis social learning network terutama dimasa pandemi Covid-19. Adapun metode yang digunakan diantaranya presentasi, pelatihan dan pendampingan serta praktek mandiri. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini menunjukkan penggunaan e-learning berbasis social learning network lebih praktis dan lebih mudah digunakan untuk pemula sehingga selain Guru MTsN 1 Barito Kuala akan memiliki pengetahuan tentang e-learning sekaligus terampil menggunakannya untuk memudahkan proses belajar mengajar secara daring terutama dimasa pandemi Covid-19.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agus Kurnia, Desy Komlalasari, Mustika Hadijati, Nurul Fitriyani. (2018). Penggunaan Edmodo Dan Statistika Dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi Industri 4.0 Pada Ma Darunnajah Duman. 1(June 2020), 1330–1339.

Birokrasi, K. P. A. N. Dan R. (2020). Survei Online , Salah Satu Cara Perbaikan Pelayanan Publik Di Masa Pandemi Covid-19. 23–25.

Daily, I. (2020). Perlu Ada Inovasi Pelayanan Publik Sesuai Protokol Kesehatan (Pp. 1–5).

Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia. (2005). Undang-Undang (UU) Tentang Guru Dan Dosen Nomor 14. Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia, 2.

Gugus Penanganan Covid-19. (2020). Peta Sebaran. Peta Sebaran, Diakses 29 April 2020. Https://Covid19.Go.Id/Peta-Sebaran

Hakim, A. R., & Kodriyah, L. (2015). Edmodo: An Effective Solution To Blended Learning For EFL Learners. 1st National Conference On English Language Teaching (NACELT), November, 12.

Handayani, M., Hendra, M., & Nadia. (2020). Evaluasi Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Pada Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Banjarmasin.Karyadiputra, E., Ibrahim, I., & Kumala, S. (2020). Pkms Pendampingan Penerapan Media Pembelajaran Inovatif Berbasis E-Learning Untuk Peningkatan Kompetensi Pada Guru Sma N 1 Anjir Pasar Erfan. Jurnal Impact: Implementation And Action, 2(1).

Meilinawati. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kolaborasi Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar Smk Muhammadiyah 1 Prambanan. Director, 15(April), 2017–2019.

Pasifika, Melania. (2020). Mengawasi Pelayanan Publik Di Masa Pandemi Covid-19. Ombudsman.Go.Id, 1–16. Https://Ombudsman.Go.Id/Artikel/R/Artikel--Mengawasi-Pelayanan-Publik-Di-Masa-Pandemi-Covid-19

Raha, S. (2020). Pelayanan Publik. Academia.Edu, 2020(3).

Subijanto, S. (2007). Profesi Guru Sebagai Profesi Yang Menjanjikan Pasca Undang-Undang Guru Dan Dosen. In Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (Vol. 13, Issue 67, P. 696). Https://Doi.Org/10.24832/Jpnk.V13i67.392

Surahman. (2016). Efektivitas Penggunaan Edmodo Dalam Pembelajaran Matematika.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppkmdu.v0i0.5576

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.