UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG DAMPAK GADGET BAGI KESEHATAN MELALUI PROMOSI KESEHATAN DENGAN MEDIA ALAT PERMAINAN EDUKATIF

Septi Anggraeni(1*), Siska Dhewi(2), Ahmad Zacky Anwary(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Sari


Penggunaan gadget pada anak semakin meningkat. Gadget dapat memberikan dampak positif maupun negatif bagi penggunanya, baik pengguna di usia anak-anak ataupun dewasa. Salah satu faktor yang berperan dalam pemberian dampak gadget yaitu durasi penggunaannya. Hasil penelitian pada siswa-siswi kelas VI SDN Kebun Bunga 6 Banjarmasin menunjukkan bahwa dari 50 orang yang diteliti, sebagian besar (54%) siswa-siswi tersebut memiliki kebiasaan menggunakan gadget lebih dari 2 jam dalam setiap harinya dan sebanyak 22 responden (44%) memiliki pengetahuan kurang tentang dampak penggunaan gadget bagi kesehatan. Hasil penelitian juga menunjukkan ada pengaruh pengetahuan terhadap perilaku penggunaan gadget pada siswa. Untuk itu perlu adanya peningkatan pemahaman tentang dampak negatif gadget dan batasan dalam penggunaan gadget pada anak. Sasaran atau khalayak dalam pelaksanaan pengabdian ini adalah siswa-siswi SDN Kebun Bunga 6 Banjarmasin. Metode yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian ini adalah penyuluhan kesehatan dengan permainan edukatif yaitu ular tangga. Media ular tangga berisikan informasi tentang dampak positif dan negatif gadget serta upaya untuk menhindari bahaya gadget. Hasil dari kegiatan ini yaitu terjadi peningkatan pengetahuan tentang gadget, dampak gadget dan batasan dalam penggunaan gadget.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggraeni, Septi. 2019. Pengaruh Pengetahuan Tentang Dampak Gadget Bagi Kesehatan Terhadap Perilaku Penggunaan Gadget Pada Siswa SDN Kebun Bunga 6 Banjarmasin. Faletehan Health Journal, 6 (2): 64-68

Iswidharmanjaya D & Agency B. 2014. Panduan Bagi Orang Tua Untuk Memahami Faktor- Faktor Anak Kecanduan Gadget. Bisakimia.

Manumpil B, Ismanto Y OF. 2015. Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Tingkat Prestasi Siswa Di SMA Negeri 9 Manado. Ejournal keperawatan Vol 3.

Rideout V. 2013. Zero to eight: electronic media inthe lives of infants, toddlers and preschoolers. Common Sense Media Research Study.

Rowan C. 2013. The impact of technology on the developing child [internet]. US: The Huffington. http://www.huffingtonpost.com/crisrowan/technologychildren-negative impact_b_3343245.html. Diakses pada 30 Maret 2018.

Sternberg, R.J. (2003). Cognitive psychology. New York: Wadsworth & Thompson Learning, Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppkmdu.v0i0.3846

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.