EDUKASI DAMPAK POLUSI UDARA TERHADAP KESEHATAN DI DESA BERANGAS TIMUR

Nuning Irnawulan Ishak(1*), Kasman Kasman(2), Zuhrupal Hadi(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Sari


Hasil diskusi dengan tokoh masyarakat dan warga setempat dengan permasalahan lingkungan dalam hal ini pencemaran udara yang dihadapi masyarakat di Desa Berangas Timur menunjukkan bahwa kurangnya pengetahuan masyarakat terkait dengan pencemaran udara dan dampak yang ditimbulkan terhadapa lingkungan dan gangguan kesehatan. Salah satunya polusi udara yang disebabkan oleh kebakaran hutan dan lahan yang setiap tahun sering terjadi pada musim kemarau di Propinsi Kalimantan Selatan dalam hal ini dampaknya juga dirasakan masyarakat di wilayah Desa Berangas Timur. Kegiatan Pengabdian Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) ini memberikan beberapa solusi yakni pemberian edukasi berupa sosialisasi tentang dampak polusi udara terhadap kesehatan dan bagaimana upaya penanggulangannya. Edukasi penggunaan masker sehingga masyarakat bisa menggunakan masker dengan benar. Kegiatan dilaksanakan dengan penyampaian materi dengan metode ceramah terkait materi polusi udara dan dampaknya bagi lingkungan dan kesehatan manusia, dan diakhiri dengan sesi tanya jawab dan diskusi dari masyarakat. Hasil pelaksanaan pre dan post test yang dilakukan untuk melihat perubahan pengetahuan sebelum dan sesudah pelaksanaan kegiatan menunjukkan bahwa rata-rata nilai peserta setelah mendapatkan materi sosialisasi mengalami peningkatan dari 56 menjadi 66. Sebanyak 55% peserta mengalami peningkatan pengetahuan. Harapannya masyarakat Desa Berangas Timur bisa melakukan upaya pencegahan indivdu dan kesiapan dalam menghadapi bencana kebakaran hutan sebagai bentuk penanggulangan terhadap polusi udara.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. Fidrotin, Ediarto, dan Agus Shokib. 2010. Hubungan Pengetahuan Tentang Polusi Udara Dengan Terjadinya ISPA Pada Masyarakat (Suatu Studi Di desa Purworejo Kecamatan Padangan kabupaten Bojonegoro Tahun 2010.

Bambang Sukana dan Dina Bisara. 2015. Kejadian ISPA dan Pneumonia Akibat Kebakaran Hutan Di Kabupaten Pulau Pisau Provinsi Kalimntan Tengah. Jurnal Ekologi Kesehatan Volume 14 Nomor 3 September 2015 Halaman 250-258.

Sudarman, Danang Dwi Saputra, Karnowo, dan Febrian. 2018. Minimalisasi Pencemaran Udara Melalui Penyetelan Perangkat Pembakaran Motor Sesuai dengan Baku Mutu Emisi. Jurusan Teknik Mesin. Fakultas Tekni Universitas Negeri Semarang. Jurnal Rekayasa Volume 16 Nomor 2 Desember 2018.

Yurah, Amelia Monica. 2016. Pencemaran Udara Akibat Kebakaran Hutan Di Indonesia Ditinjau Dari UU No. 32 Tahun 2009. Jurnal Lev Privatum Volume 4 Nomor 3 Maret Tahun 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppkmdu.v0i0.3845

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.