PENYULUHAN TERTIB BERLALU-LINTAS SATU ARAH PADA JALAN BERLAJUR CEPAT DAN LAMBAT DI JALAN ADHYAKSA KOTA BANJARMASIN

Hudan Rahmani(1*), Tezar Aulia Rahman(2), Fitria Handayani(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Sari


Kelancaran Lalu Lintas sangat tergantung dari disiplin pengguna jalan, untuk mereka bisa berdisiplin yang paling harus diketahui peraturan yang mengatur dari cara berlalu lintas tersebut. Pada jalan di Kalimantan Selatan yang ditingkatkan yaitu Jalan Adhyaksa Kota Banjarmasin ada hal yang perlu diketahui guna mendukung usaha dari peningkatan tersebut yang antara lain peraturan tentang menjalankan kendaraan pada jalan yang terbagi dua jalur. Setiap jalur terbagi lagi dalam dua lajur yaitu lajur cepat/untuk mendahului (kanan) dan lajur lambat (kiri). Antara dua buah jalur tersebut diberi batasan dengan garis marka jalan yang garisnya tidak putus dan double, garis double dan tidal putus-putus tersebut sama fungsinya dengan media jalan yang tidak boleh tersentuh/dilewati oleh kendaraan, peraturan yang harus ditaati adalah:
1. Mendahului/kendaraan yang cepat harus menggunakan lajur kanan.
2. Kendaraan lambat harus berada di lajur sebelah kiri.
3. Tidak boleh mendahului kendaraan lain pada sisi sebelah kiri.
4. Waktu mendahului jangan sampai menyentuh batas jalan yaitu garis double tidak terputus.
5. Kecepatan disesuaikan dengan lokasi jalan tersebut.
6. Kecepatan berkendaraan disesuaikan dengan tempat yang dilewati atau tata guna lahan.
7. Diperhatikan tempat-tempat khusus seperti tempat penyeberangan jalan, seperti zebra cross.
Bila peraturan ini diketahui oleh pengguna jalan maka kecelakaan yang terjadi akan berkurang.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Highway Capacity Manual, Transportation Research Board, Washington DC, (1985).

Kay, Adolf D. Traffic Flow Fundamentals, Prentice-Hall, Inc. Englewood Cliffs, N.J.USA., (1990)

Menuju Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Yang Tertib, Departemen Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Jakarta, 1995.

Pignataro. L.J. Traffic Engineering, Theory and Practice, Prentice-Hall, Inc. Englewood Cliffs, N.J. USA, (1973).

Traffic Engineering Hand book, Institute of Transportation Engineers Prentice-Hall, Inc. Englewood Cliffs, N.J. EISA. , (1992).

Transportation and Traffic Engineering Handbook, Institute of Transportation Engineers, (1982).

Wohl and Martin, Traffic System Analysis for Engineers, Mc-Graw-Hill, USA, (1967).




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppkmdu.v0i0.3840

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.