PELATIHAN PEMANFAATAN APLIKASI PETA SW MAPS UNTUK INFORMASI DATA BENCANA PADA ANGGOTA TARUNA SIAGA BENCANA (TAGANA) KAB. BANJAR

M Dedy Rosyadi(1*), Budi Ramadhani(2), Aulia Rizky MHNA(3), Tri Wahyu Qur'ana(4)

(1) 
(2) 
(3) 
(4) 
(*) Corresponding Author

Sari


Sistem Informasi Geografis (SIG) saat ini telah banyak digunakan oleh banyak pengguna dalam berbagai bidang untuk melakukan pengelolaan dan pengolahan data yang dapat membantu dalam menghasilkan informasi. Sekarang ini sudah banyak Aplikasi Sistem Informasi Geografis (GIS) yang memiliki banyak fitur yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan pemakai dari pilihan aplikasi gratis dan aplikasi berbayar. Aplikasi SW Maps merupakan salah satu mobile platform yang dapat digunakan secara gratis pada smartphone dengan sistem operasi Android. Beberapa fitur dari aplikasi SW Maps dapat digunakan dalam melakukan proses pengolahan dan pengelolaan data secara offline maupun online sehingga memudahkan pengguna untuk menggunakan aplikasi tersebut. Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk mengenalkan sebuah platform aplikasi peta yang bernama SW Maps dengan cara memberikan pelatihan untuk menambah pengetahuan dan informasi kepada anggota TAGANA Kab. Banjar agar dapat menggunakan aplikasi tersebut sebagai alat bantu yang dapat digunakan dalam melakukan pengolahan dan pengelolaan data yang dapat menghasilkan informasi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Irwansyah, E. (2013). Sistem Informasi Geografis : Prinsip Dasar Pengembangan Aplikasi. Digibooks.

Adil, A. (2017). Sistem Informasi Geografis. Penerbit Andi.

Peraturan Menteri Sosial. (2012). Peraturan Menteri Sosial RI No. 28 Tahun 2012 Tentang Pedoman Umum Taruna Siaga Bencana. Menteri Sosial RI, Menteri Sosial RI. Menteri Sosial.

Nuryanto, H. (2012). Sejarah Perkembangan Teknologi dan Komunikasi. PT. Balai Pustaka (Persero).

Siregar, K. N., Eryando, T., Rahmaniati, M., Nugraha, F., & Riyadi. (2017). Training Module - Workshop on GIS Real Time Monitoring for Public Health (Integration Android Based GPS & GIS). Depok: Pusat Kajian Biostatistika dan Informatika Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia .




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppkmdu.v0i0.3831

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.