PELATIHAN APLIKASI EDMODO SEBAGAI METODE E-LEARNING PADA GURU SMK ARUNG SAMUDERA BANJARMASIN UNTUK MENINGKATKAN KWALITAS PEMBELAJARAN

Lilis Anggraini(1*), Hoiriyah Hoiriyah(2), Fakhriani Ekawati(3), Muhammad Saidi Rahman(4)

(1) 
(2) 
(3) 
(4) 
(*) Corresponding Author

Sari


Di era medorn sekarang ini, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi telah merambah ke semua bidang kehidupan. Salah satu contoh pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan ialah E-learning. Penggunaan E-learning akan memudahkan para guru dan siswa dalam proses pembelajaran khususnya dalam proses belajar mengajar di SMK Arung Samudera yang sangat rendah. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini ialah : Pertama, memberikan penjelasan tentang pemanfaatan Edmodo dalam proses pembelajaran, Kedua, untuk memberikan pengetahuan tentang cara menggunakan fitur-fitur dalam aplikasi Edmodo untuk memudahkan proses pembelajaran. Jadi, keterampilan penggunaan media sosial yang dimiliki oleh Guru SMK Arung Samudera diharapkan mempermudah proses pembelajaran dengan menggunakan Edmodo. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu ceramah dan diskusi, bimbingan dan pelatihan. Metode ceramah dan diskusi digunakan untuk menyampaikan informasi yang berkaitan dengan teori Edmodo. Metode bimbingan dan pelatihan digunakan untuk mempraktekkan langsung hasil dari teori yang telah dipelajari. Solusi dan Luaran yang ditargetkan pada pengabdian ini adalah guru-guru memahami tentang peran edmodo dalam proses pembelajaran serta mampu menerapkan fitur-fitur yang ada pada edmodo untuk mempermudah proses pembelajaran. Hasil yang didapat dari kegiatan yang telah dilaksanakan 80% peserta yang hadir mampu mempraktikkan dengan mudah dan peningkatan IPTEK pada SMK Arung Samudera dengan melakukan kegiatan pelatihan dan melakukan proses pretest dan post test.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amar, Mufhidin. (2013). Efektivitas Penggunaan Media Edmodo Sebagai Kegiatan Penunjang Pembelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan di SMK N 1 Majalengka. UPI

Ayu, Sita Devi dan Meylia Elizabeth Ranu. 2013. Penerapan E-Learning Melalui Edmodo Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Simulasi Digital Siswa Kelas X APK 1 SMKN 1. Surabaya: Fakultas Ekonomi, Unesa, KaCahyono,D. Y. (2015). E-learning Edmodo sebagai Media Pembelajaran Sejarah. Jurnal Penelitian,

Darmawan, D. (2011). Teknologi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Horton, W. 2006. E-learning by Design.San Fransisco: Pfeiffer

Putranti, N. (2013.) Cara Membuat Media Pembelajaran Online Menggunkan Edmodo

Ramdani, Mawar. (2012). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran E-learning Berbasis Web pada Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kalasan. [online]. Tesedia: (http://eprints.uny.ac.id/6758/)

Rismayanti, Astuti. (2012). Mengenal Lebih Dekat Edmodo Sebagai Media E-Learning dan Kolaborasi. [Online]. Tersedia http://download.smkn1-majalengka.schmpus Ketintang Surabaya




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppkmdu.v0i0.3829

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.