PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN TEKNOLOGI TECHNOPRENEURSHIP UNTUK GURU DAN SISWA PADA SMK MUHAMMADIYAH 2 BANJARMASIN

Budi Setiadi(1*), Dwi Retnosari(2), Auliya Rahman(3), Nadiya Hijriana(4)

(1) 
(2) 
(3) 
(4) 
(*) Corresponding Author

Sari


SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin adalah salah satu sekolah swasta yang berada di kota Banjarmasin yang mempunyai 4 program keahlian yaitu teknik komputer jaringan TKJ, teknik audio video TAV, teknik kendaraan ringan TKR, dgn TSM utk mobil. Seiring kemajuan zaman yang selalu berkembang, keterampilan guru dan khususnya siswa dituntut untuk lebih baik lagi agar bisa bersaing setelah mereka lulus dari sekolah. Salah satunya bekal tentang Technopreneurship, yaitu pemanfaatan dan menggabungkan teknologi untuk menjalankan usaha atau bisnis, apalagi disituasi pandemik covid 19 ini, siswa harus diberi motivasi untuk menjadi seorang wirausaha setalah mereka lulus dari sekolah. Aplikasi E-commerce adalah teknologi yang digunakan untuk menggabungkan teknologi dan usaha. Di tempat ini belum optimal dalam pengembangan teknologi untuk guru dan siswa, maka dari itu mengadakan pengabdian kepada masyarakat sangat tepat untuk memberikan pelatihan danmotivasi tambahan kepada perserta pelatihan. Saat ini, metode pembekalan keahlian hanya menggunakan cara konvensional yaitu terjung kelapangan, padahal bisa juga dengan menggunakan cara yang lebih modern, apalagi di situasi pandemic covid 19 ini, semua orang diharusnya untuk tetap dirumah. Technopreneurship memiliki banyak keunggulan karena menggunakan media internet sehingga jangkauannya lebih luas. Tujuan nya agar perserta melek akan teknologi yang bisa di implementasikan dalam usaha. Manfaat adalah untuk memberikan pembelajaran sehingga bisa dugunakan untuk membuat usaha yang digabungkan dalam teknologi. Hasil yang ingin dicapai dalam pelatihan dan pengembangan ini adalah dengan keahlian yang guru dan siswa miliki agar lebih bisa berkembang lagi sehingga teknologi yang digunakan bisa lebih efektif dan efisien dalam menjalankan usaha atau bisnis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A.T. Kearney, Lifting The Barriers To E-commerce in ASEAN, dalam

https://www.atkearney.com/documents/10192/5540871/Lifting+the+Barriers+to+Ecommerce+in+ASEAN.pdf, diakses 21 Februari 2018.

Abdullah, Nurudin. (2017). Pertumbuhan Bisnis E-commerce Tak Tertahankan. [online]. http://industri.bisnis.com/read/20170505/12/650993/pertumbuhan-bisnis-ecommerce-tak-tertahankan [4 September 2017]

Estiningsih, Wening. Zainal, Arifin, HM, 2014, Technoprenuership; Challenge For Entrepreneurship Educational Development in Indonesia, Forum Tahunan Pengembangan Iptek dan Inovasi Nasional IV, LIPI, Tahun 2014

Ilma, Zidnie. (2016). Penerapan Ecopreneurship pada Fish ‘N Blues Enterprise Dalam Bisnis Pengolahan Ikan, 1-90

Suparno, Ono., Hermawan , Aji., & Syuaib, M. Faiz. (2008) Technopreneurship. Recognition and Mentoring Program-Institut Pertanian Bogor (RAMPIPB), Diperoleh tanggal 5 Maret 2017

Sunyoto, Danang dan Putri Wika. (2016). Etika Bisnis. Yogyakarta: CAPS

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi (1st ed). Yogyakarta: ANDI




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppkmdu.v0i0.3823

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.