PKMS SOSIALISASI PRODUK HALAL DAN AKAD JUAL BELI PADA KUBE KELURAHAN SEI ULIN KECAMATAN BANJARBARU UTARA KOTA BANJARBARU

Zakiyah Zakiyah(1*), Rozzana Erziaty(2), Abdul Wahab(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Sari


Kelompok Usaha Berasama (KUBE) Sei Ulin memproduksi makanan ringan yang merapakan pemasaran produk secara langsung (direct selling). Dalam proses Jual beli dalam islam hendaknya dilakukan secara syariah, dengan memperhatikan kehalalan produk olahan pangan dan kehalalan jual beli yaitu adanya akad dalam jual beli. Metode yang digunakan dalam PKMS ini adalah metode Diskusi terarah (FGD) dengan pola partisispatif. Edukasi yang diberikan efektif meningkatkan kognitif peserta. Khalayak sasaran telah memahami produk halal dan akad jual beli dengan kategori nilai baik 50% dan sangat baik 50% Hasil pre test 35,56% dan hasil post test 52,22 %. Ini menunjukkan telah terjadi peningkatan kognitif peserta P2M yang mendapatkan transfer ilmu pengetahuan dari tim P2M.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul Azis Dahlan, 1996. Ensiklopedi Hukum Islam, Cet. ke-1 Ikhtiar Baru van Hoeve. Jakarta.

Ali , M, 2016. Konsep Makanan Halal Dalam Tinjauan Syariah dan Tanggung Jawab Produk atas Produsen Industri Halal. Jurnal Ahkam: Vol. XVI. Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

John L. Esposito, 2002. Ensiklopedi Oxford, Dunia Islam Modern, terj. Eva YN, (Bandung: Mizan, 2002),

Muchtar Ali, “Konsep Makanan Halal Dalam Tinjauan Syariah dan Tanggung Jawab Produk Atas Produsen Industri Halal”, Ahkam: Kementerian Agama Republik Indonesia Vol. Xvi, No. 2, (Juli 2016). .

Slamet, Margono, 2001. Kelompok, Organisasi dan Kepemimpinan, Program Studi Ilmu Penyuluhan Pembangunan (PPN), PPs-IPB, Bogor,

Syaifullah, 2014. Etika Jual Beli dalam Islam. Hunafa: Jurnal Studia Islamika Vol. 11, No. 2, p: 371-387. Penerbit IAIN Palu.

Tampubolon,.J., 2006 Basita Ginting Sugihen, Margono Samet, Djoko Susanto dan Sumardjo Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendekatan Kelompok (Kasus Pemberdayaan Masyarakat Miskin Melalui Pendekatan Kelompok Usaha Bersama (KUBE)). Jurnal Penyuluhan Vol. 2 No.2. ISSN: 1858-2664. IPB Bogor.

Utami, D.,P. 2016. Dampak sosial ekonomi program penanganan kemiskinan Melalui kelompok usaha bersama (kube) di Bausasran Yogyakarta, Journal.student.uny.ac.id. Universitas Negeri Yogyakarta. Jogja.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppkmdu.v0i0.3810

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.