PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN MANAJEMEN DESAIN KELAS KREATIF TEMA ILMU PENGETAHUAN ALAM

Jumiati Jumiati(1*), Sari Kumala(2), Tutus Rani Arifa(3), Zakky Zamrudi(4)

(1) 
(2) 
(3) 
(4) 
(*) Corresponding Author

Sari


Kompetensi profesional atau akademik adalah salah satu keterampilan yang harus dimiliki guru. Guru diharapkan merencanakan dan mengelola pembelajaran mereka dengan baik sebagai bagian dari penggunaan profesional mereka. Guru umumnya hanya fokus pada pembuatan alat belajar multimedia, sedangkan faktor yang terkait dengan lingkungan belajar tidak dikembangkan secara optimal. Guru tidak hanya harus mengetahui dan menyiapkan materi, metode, media dan penilaian, tetapi faktor manajemen kelas adalah salah satu faktor penting dalam pengembangan pembelajaran. manajemen kelas yang masih monoton berpengaruh terhadap keefektifan penyampaian materi dan motivasi belajar siswa. Berdasarkan permasalah tersebut maka tim pengusul merancang solusi penyelesaian permasalahan dalam rangka mengembangkan kemampuan dan keterampilan mitra dalam mendesain kelas kreatif sebagai prasarana pembelajaran. Kegiatan dilaksanakan dengan cara tatap muka, praktek dan tanya jawab. Hasil dari pelaksanaan kegiatan peserta mengetahui dan memahami bahwa manajeman desain kelas kreatif dapat dikelola melalui tempat duduk, pajangan di dalam kelas dan hasil karya murid yang bisa dijadikan pajangan serta peserta mampu mendesain kelas yang kreatif.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arends, Richard I. (2013). Learning to Teach. Jakarta: Salemba Humanika.

Chatib, Munif. (2015). Kelasnya Manusia: Memaksimalkan Fungsi Otak Belajar dengan Manajemen Display Kelas. Bandung: Mizan Media Utama.

Dananjaya, Utomo. (2010). Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa.

Ika Maryani, dan Putri Dwi Septiani. (2019). Pelatihan dan pendampingan pengelolaan kelas berbasis gaya belajar bagi guru PAUD dan TK di Desa Muntuk, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Jurnal Pemberdayaan

Silberman, Mel. (2009). Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Putri Rachmadyanti, Suprayitno, Ganes Gunansyah. (2019). Peningkatan Kualitas Pengelolaan Kelas Melalui Manajemen Display Kreatif Bagi Kelompok Kerja Guru Sd Kecamatan Pakal Kota Surabaya




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppkmdu.v0i0.3808

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.