PELATIHAN SELF HYPNOMOTIVASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ASERTIF DAN KEMAMPUAN BERBICARA DI DEPAN PUBLIK DI DI PANTI ASUHAN PUTERI AISYAH DI BANJARMASIN
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Sari
Krisis kepercayaan diri membuat banyak orang mencari semua solusi untuk meningkatkan kembali potensi dari dalam diri pribadi dengan harapan dapat menjalani hidup yang lebih baik. Jelas berbeda antara motivasi biasa dengan hipnomotivasi. Jika kita mendengarkan motivasi biasa mungkin akan membuat pola berpikir sedikit terbakar dan bersemangat untuk melakukan sebuah perubahan. Namun sayangnya, kita mendengarkan motivasi dalam keadaan sadar dan motivasi itu masuk dalam pikiran sadar.
Di samping itu hal dalam hal berkomunikasi tidak lepas dari bagaimana kemudian mendapatkan keterampilan public speaking atau berbicara di depan umum. Hal ini merupakan kemampuan mutlak yang wajib dimiliki setiap orang. Ratusan penelitian mengemukakan, bukan tingginya nilai akademik yang menentukan suksesnya seseorang, tapi adalah kemampuan berkomunikasi yang baik. Salah satunya adalah public speaking skill
Tujuan aktivitas Pada saat pelatihan, peserta mampu mengidenfikasi kepercayaan diri dalam Public Speaking tanpa berdiskusi dengan peserta yang lain Target pencapaian : Peserta memiliki pengetahuan tentang konsep, aspek serta faktor yang dapat mempengaruhi kepercayaan diri ketika tampil dan berbicara di depan umum Peserta memiliki penilaian terhadap dirinya sendiri tentang level kepercayaan diri berbicara di depan publik mereka
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Al-Hebaish, S. M. (2012). The correlation between general self-confidence and academic achievement in the oral presentation course. Theory and Practice in Language Studies, 2, 60-65
Aris, D. S .(2017). Pengaruh kepercayaan diri terhadap penyesuaian sosial pada siswa kelas viii smp negeri 1 prambon kabupaten nganjuk tahun pelajaran 2016/2017, Kediri: FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri
Rakhmat, J. (2016). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ririn, Asmidir, & Marjohan. (2013). Hubungan Antara Keterampilan Komunikasi Dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum. KONSELOR: Jurnal Ilmiah Konseling, 2(1), hal. 273-278
Taniady, V. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Dalam Pembelajaran Geografi (Penelitian Eksperimen Kuasi Pada Kelas X SMA Labschool UPI Bandung). Antologi Geografi, 4(1), 1-13.
Tuan, H. N., & Mai, N.T. (2015). Factors Affecting Students’ Speaking Performance At Le Thanh Hien High School. Asian Journal OfEducational Research, 3 (2) 8-23.
Wahyuni, E. (2015). Hubungan Self-Efficacy dan Keterampilan Komunikasi dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum. Jurnal Komunikasi Islam, 5(1), hal. 54-82.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppkmdu.v0i0.3806
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.