UPAYA MENINGKATKAN MINAT SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI PRAKTIKUM SEDERHANA DI SDN KEBUN BUNGA 9 BANJARMASIN
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Sari
Telah dilakukan pelaksanaan praktikum IPA sederhana kepada 20 orang siswa kelas VI di SDN Kebun Bunga 9 Banjarmasin. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi-materi mata pelajaran IPA melalui pelaksanaan praktikum sederhana yang dapat dilakukan baik di laboratorium maupun di kelas. Kegiatan ini meliputi pemaparan materi, pelaksanaan praktikum dan tanya jawab. Materi yang diberikan adalah balon ajaib, telur mengapung, uji karbohidrat dan rangkaian listrik seri-paralel. Evaluasi kegiatan praktikum IPA SD dilakukan menggunakan angket yang diberikan kepada 20 orang siswa. Respon positif sebanyak 100% menunjukkan bahwa siswa merasa senang dengan pelaksanaan praktikum dan materi pelajaran IPA menjadi lebih mudah jika diajarkan melalui praktikum. Berdasarkan respon yang diperoleh dapat disimpulkan pentingnya pelaksanaan praktikum untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran IPA. Pelaksanaan praktikum sederhana dapat dilakukan baik di kelas maupun laboratorium, materi dapat dibuat sesederhana mungkin dengan alat dan bahan yang aman, murah serta mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari sehingga memungkinkan untuk melakukan kegiatan praktikum secara maksimal.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Faqih, A. 2015. Optimalisasi Pemanfaatan Kit-IPA PGSD Untuk Peningkatan Keterampilan Proses Sains Pada Pelaksanaan Tutorial Praktikum IPA di SD. Widyagogik, Vol. 2 No. 2 Januari-Juni 2015. Universitas Trunojoyo
Salirawati, Das. Subiantoro, W, A. Pujianto, 2011, Pelatihan Pengembangan Praktikum Ipa Berbasis Lingkungan. Inotek. Volume 15. Nomor 1. Universitas Negeri Yogyakarta.
Syaiful Sagala. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Alfabeta. Bandung
Subiantoro, W, A. 2011. Pentingnya Praktikum Dalam Pembelajaran IPA. Makalah Pelatihan Pengembangan Praktikum IPA Berbasis Lingkungan. Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas MIPA. Universitas Negeri Yogyakarta
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppkmdu.v0i0.3805
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.