PELATIHAN PENINGKATAN PERMAINAN OLAHRAGA TRADISIONAL (KEARIFAN LOKAL) PADA GURU PAUD di Kecamatan ANGKINANG

Endang Pratiwi(1*), Amalia Barikah(2), Purnama Purnama Sari(3), M Al Ghani(4), Novri Asri(5)

(1) 
(2) 
(3) 
(4) 
(5) 
(*) Corresponding Author

Sari


Kabupaten Hulu Sungai Selatan sendiri memiliki banyak kecamatan, diantaranya setelah banyak pertimbangan dalam pengabdian masyarakat terpilihlah kecamatan Angkinang dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat dikarenakan kecamatan Angkinang merupakan salah satu Kecamatan yang memiliki cukup tertinggal dan membutuhkan informasi dalam kegiatan yang menunjang perkembangan PAUD se Provinsi Kalimantan Selatan ditinjau dari sisi akan tetapi untuk sumberdaya manusia yaitu gurunya belum ada yang mencapai tingkat kreatifitas dan SDM atau guru masih merasa memiliki ruag lingkup yang terbilang jauh dari perkotaan masih membutuhkan banyak ilmu dan pengetahuan lainnya. Guru didalam pelaksanaan masih perlu kesesuaian kurikulum pembelajaran untuk memberikan kegiatan belajar mengajar dengan penggabungan permainan tradisional olahraga pada kearifan lokal (budaya Kalimantan Selatan).
Guru PAUD di Kecamatan Angkinang berjumlah 16 Guru perwakilan dari beberapa PAUD. Guru PAUD yang terpilih adalah Guru yang berada di kelas besar atau TK B. Guru mendapatkan sosialisasi serta praktek langsung melakukan kegiatan Permainan tradisional yang dilaksanakan. Pelaksanaan dilaksanakan selama 3 hari berturut – turut dengan pemberian pemahaman manfaat kegiatan permainan tradisional kepada anak anak usia dini dan guru mempraktekkan dengan model yang memiliki variasi khusus kepada anak usia dini. Variasi permainan tradisional diberikan kepada guru PAUD agar pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan RPPH dan RRPM sesuai dengan tema dan anak anak usia dini lebih tertarik serta aman saat pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran juga menjadi lebih menyenangkan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kurniati Evis, 2015. Permainan Tradisional dan Perannya dalam MengembM. A. Husna. 2011. 100+ Permainan Tradisional Indonesia untuk Kreativitas, Ketangkasan, Keakraban

- Mulyani Novi, 2010. Super Asyik Permainan Tradisiona Anak Indonesia. Cv. Garis Buku

- Mansur. (2007). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

- Soemiarti Patmonodewo (2003:112). Pembelajaran Anak Usia Dini

- Soetjiningsih. 2014. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta; Penerbit Buku Kedokteran EGC.

- Sujiono Bambang, dkk (2007). Metode Pengembangan Fisik . Jakarta : Universitas Terbuka.

- Suryanto, Slamet (2005). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

- Wina Sanjaya (2011 : 147) Model Pembelajaran, Jakartaangkan Keterampilan Sosial Anak.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppkmdu.v0i0.3804

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.