Pelatihan Tentang Pembukuan Sederhana Bagi Pelaku Usaha Kecil Menengah Sebagai Upaya Pembekalan Keterampilan di Desa Tabing Rimbah Kecamatan Mandastana Kabupaten Barito Kuala

Aris Setia Noor(1*), Berta Lestari(2), Umi Hani(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Sari


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini ditujukan kepada anggota masyarakat yang berlokasi di Mandastana Kabupaten Barito Kuala khususnya di desa Tabing Rimbah. Kelompok ini cukup potensial karena didukung oleh kondisi alam yang memadai dan sarana prasarana kelompok yang lengkap. Namun demikian, pengelolaan usaha dari kelompok ini masih dilakukan secara sederhana dan belum menerapkan laporan pembukuan secara detail. Oleh karena itu perlu untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam hal pelatihan pembukuan sederhana. Metode yang digunakan dalam kegiatan PPM ini adalah ceramah untuk menyampaikan teori dan konsep-konsep yang sangat prinsip dan penting untuk dimengerti serta dikuasai oleh peserta pelatihan. Materi yang diberikan meliputi: maksud dan tujuan kegiatan, teori laporan pembukuan sederhana, dan tahapan-tahapan pengolahan laporan pembukuan sederhana. Hasil kegiatan PPM menunjukkan bahwa semua peserta dapat mengikuti seluruh proses pelatihan dari awal sampai selesai, kegiatan yang dirancang 100% terlaksana, dan kehadiran narasumber 100%. Target penyampaian materi pelatihan juga tercapai karena materi dapat disampaikan secara keseluruhan. Penguasaan kompetensi peserta pelatihan dievaluasi melalui praktek mandiri yang dilakukan. Selain itu peserta juga telah berusaha memanfaatkan informasi dari berbagai sumber tersebut untuk lebih menambah wawasan lagi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agus. (2011). Manajemen Keuangan, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE.

Fahmi, I.(2014). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Hapsari, D.P, Dan Hasanah A.N. (2017). Model Pembukuan Sederhana Bagi UsahaMikro Di Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang. Jurnal Akuntasi, 4 (2), 36.

Hasyim, Diana. 2013. Kualitas Manajemen Keuangan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) (Studi Kasus Pada Distribution Store (Distro) Di Kota Medan) Jurnal Jupiis Vol 5 No 2.

Krisdiarti, Nanik, 2008. Pembukuan Sederhana Untuk UKM, Media Pressindo,

Yogyakarta.

Maulani. Terra Saptina. (2016). Pelatihan Pembukuan Keuangan

Riyanto, B. (2001). Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Edisi Keempat.

Yogyakarta: BPFE.

Subur, Rahmad Santoso dan Hasyim Muhammad. (2014). Pelatihan Manajemen Keuangan pada pelaku Usaha Toko Kelontongan Dusun Puluhan Desa Banyusidi Pakis Magelang Jawa Tengah. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 3 (2), 139.

Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Putra, Kurniawati, 2012. Pembukuan Sederhana Untuk UKM berbasis Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppkmdu.v0i0.3795

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.