PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN PEMBUATAN DAN PEMASARAN ALAT PERAGA EDUKATIF (APE) UNTUK ANAK USIA DINI MELALUI PEMASARAN DIGITAL
(1) Magister Manajemen Pendidikan Tinggi UNISKA MAB
(2) Magister Manajemen Pendidikan Tinggi UNISKA MAB
(3) Magister Manajemen Pendidikan Tinggi UNISKA MAB
(*) Corresponding Author
Sari
Alat Peraga Edukatif (APE) memiliki peran yang penting dalam perkembangan anak usia dini sebagai sarana bermain yang mengandung unsur pendidikan yang efektif melalui pengalaman bermain. APE dirancang untuk dapat mengembangkan keterampilan kognitif, motorik, dan sosial. Untuk dapat tercapainya tujuan tersebut maka dilakukan pelatihan berupa: a) Pemberian materi, b) Pelatihan pembuatan ke produk sesi 1 dan 2, c) Pelatihan pemasaran produk, d) Pertemuan evaluasi dan tindak lanjut
Metode pelatihan ini dengan model tatap muka. Adapun, langkah pelatihan menurut dengan empat tahap, yaitu: a) perencanaan (analisis kebutuhan pelatihan), b) pelaksanaan dan pengorganisasian, c) evaluasi, dan d) tindak lanjut.
Berdasarkan hasil pelatihan kewirausahaan pembuatan dan pemasaran produk Alat Peraga Edukatif (APE), maka dapat disimpulkan, yaitu: a) terdapat antusiasme ibu-ibu PKK Dasawisma Gandaria II dalam kegiatan yang ditandai dengan berbagai pertanyaan serta pelaksanaan kegiatan berjalan lancer; b) hasil pelatihan kewirausahaan pembuatan dan pemasaran produk menunjukkan kategori cukup baik, yaitu: a) memiliki pengetahuan dasar tentang alat peraga edukatif bagi perkembangan anak sebesar 100%, b) keterampilan membuat set alat peraga sesuai dengan tahapan perkembangan anak sebesar 75%, dan c) kemampuan untuk memanfaatkan platform online untuk pemasaran sebesar 50%.
Kata kunci: pelatihan kewirausahaan, pembuatan alat peraga edukatif, pemasaran alat peraga edukatif, pemasaran digital
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ananditha. A. C. 2017. “Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Toodler”. Vol. 2, No. 1 (2017)
Ardini, Pupung Puspa, Dkk. 2018. Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. Nganjuk: CV. Adjie Media Nusantara
Dongoran, dkk. 2015. Strategi Pemasaran Produk Mainan Anak-Anak dari Limbah Kayu PT Safira Tumbuh Berkembang. Journal IPB. Manajemen IKM, Februari 2015 (59-72)
Endyarni. B, dkk. 2011. “Sensori Integrasi: Dasar dan Efktivitas Terapi”.Vol. 13, No. 2 (2011).
Fitriani. R. 2018.” Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini”. Vol. 3, No. 1 (2018) ISSN 2549-7367.
Gandasetiawan. 2017. Senso-Motorik Metode Belajar Yang Mengasyikkan. Jakarta: Libri
Gannika. L, dkk. 2019. “Stimulasi Motorik Dengan Perkembangan Fisik Pada Anak Usia 3-5 Tahun”. Vol. 7, No. 2. (2019).
Hijriati.2017. “Peranan Dan Manfaat Ape Untuk Mendukung Kreativitaas Anak Usia Dini”. Vol. III, No. 2 (2017).
Ibda. F. 2015. “Perkembangan Kognitif :Teori Jean Piaget”. INTELEKTUALITA. Vol. 3, No.1. (2015).
Imelda. 2017. “Pengetahuan Ibu Tentang Pemberian Stimulasi Dan Perkembangan Anak Prasekolah (3-5 Tahun) Di Banda Aceh”. Vol. VIII, No. 3 (2017) ISSN 2087-2879
Kurnia. R, dkk. 2018. Media Pembelajaran Anak Usia DIni. Surabaya: CV. Jakad Publishing Surabaya.
Lathifah. N. S, dkk. 2020. “Alat Permainan Edukasi (APE) Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Usia 4-6 Tahun”. Vol. 11, No.1 (2020) ISSN 2548-5695.
Mahyuddin, M. A., & Mubaraq, D. F. 2019. Sosiologi Komunikasi: (Dinamika Relasi Sosial di dalam Era Virtualitas). Gowa: Penerbit Shofia.
Miller, S. (2021). Holistic Development through Educational Play. Journal of Early Childhood Education, 35(4), 213-225.
Permendikbud No. 11 Tahun 2020 tentang Petunjuk Operasional Dana Alokasi Khusus Fisik Pendidikan.
Rahayu, T. 2015. ‘Media Alternatif untuk Pertumbuhan Jamur Menggunakan Sumber Karbohidrat yang Berbeda’, pp. 861–866
Smith, B. (2019). The Role of Play in Early Childhood Development. Journal of Early Childhood Research, 17(2), 101-115.
Sugianto T. 1995. Bermain, Mainan dan Permainan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Tedjasaputra, Mayke S. 2001. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: PT. Grasindo
Tim Pakar Manajemen Pendidikan. 2004. Perspektif Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppkmdu.v0i3.16136
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.