ANALISA KESALAHAN GRAMMATIKAL DALAM MENULIS ESSAY MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FKIP UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN MAB

Supiani Supiani(1*), Lailatul Kodriyah(2)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasi jenis kesalahan grammatikal dalam menulis
essay bahasa Inggris yang terjadi pada mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP
UNISKA dan mendiskripsikan bentuk kesalahan grammatikal di tulisan essay bahasa Inggris
mereka. P endekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang mana dapat
mendiskripsikan suatu phenomena yang terjadi di dalam tulisan essay mahasiswa. Tulisan essay
mahasiswa nampak adanya kesalahan grammatical form dimana kesalahan terjadi di berbagai
pada penghilangan kata atau to be di tenses, artikel, preposisi dan lain-lain,
addition/penemabahan, kesalahan formasi/misformasi dan kesalahan penyusunan kalimat. Ini
tentu diakibatkan ketidaktahuan mahasiswa itu sendiri dan kurangnya penjelasan serta feedback
yang diberikan oleh dosen mata kuliah writing. Jadi, melalui penelitian ini jelaslah dapat dianalisa
dan dideskripsikan berkaitan dengan jenis kesalahan grammatical bahasa Inggris dan bentuk
kesalahannya pada pola kalimat yang dibuat oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris
FKIP UNISKA MAB. Oleh karena itu, diperlukan suatu kajian yang komprehensif terhadap
penganalisaan kesalahan grammatical form pada tulisan essay mahasiswa karena dengan cara
demikian dapat menemukan benang merahnya untuk perbaikan menulis essay secara akurat
sesuai dengan kaidah bahasa Inggris yang baku kedepannya. Ini adalah sebagai evaluasi
terhadap proses belajar mengajar menulis agar meminimalisir kesalahan tata bahasa.
Kemudian, dosen harus memberikan feedback yang efektif terhadap tulisan essay mahasiswa
sehingga karya tulis mahasiswa dapat diterima khalayak umum dan tata bahasanya lebih baik.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alwasilah, Chaedar. 2009. Sosiologi Bahasa: Bandung. Angkasa Bandung.

Baehaqi, Imam. 2009. A handbook of English Grammar. Yogyakarta. Media Ilmu.

Brown, H. Douglas. 2000. Principles of Language Learning and Teaching 4 th . Edition. New

York: The Free Press.

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa (Cetakan Pertama Edisi IV).

Jakarta: PT Gramedia.

Dulay, et al.1982. Language Two. New York: Oxford University Press.

Dulay, H., Burt, M. & Krashen, S. 1982. Language Two. New York: Oxford University

Press.

Ellis, Rod. 1998. Second Language Aquisition. New York: Oxford University Press.

Gitamedia, Tim. 2006. Serious English for Serious Students. Surabaya. Gitamedia Press

Hastuti PH, S. 2003. Sekitar Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Mitra

Gama Widya.

--------------- 2003. Sekitar Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Edisi kedua.

Yogyakarta: Mitra Gama Media.

James, Carl. 1998. Error in Language Learning and Use. London: Longman.

Norissh, John. 1983. Language Learners and Theirs Errors. London: The Macmillan Press.

Nurgiantoro, Burhan. 1984. “Analisis Kesalahan Berbahasa dalam PengajaranBerbahasa”.

Yogyakarta: Jurnal Kependidikan No. I Vol. 14.

Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda.

Supraba, TH. Ellisa Tesdy. 2008. Analisis Pola Pengembangan Paragraf dalam

Karangan Narasi Siswa Kelas VIII SMP BOPKRI 3 Yogyakarta. Yogyakarta: FBS

UNY.

Vivan, Rose. 2011. Analisis Kesalahan Berbahasa. https://www.academia.edu/9423407/.

Diakses tanggal 05 September 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppdu.v0i1.8198

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.