PENGEMBANGAN SISTEM BUDIDAYA AQUAPONIK PADA TEACHING FARM UNISKA

Arief Hidayatullah(1*), M Ilmi Hidayat(2), Bambang Prasetyo(3)

(1) Universitas Islam Kalimantan
(2) Universitas Islam Kalimantan
(3) Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author

Sari


Aquaponik merupakan sebuah alternatif menanam tanaman dan memelihara ikan dalam satu wadah. Proses dimana tanaman memanfaatkan unsur hara yang berasal dari kotoran ikan yang apabila dibiarkan di dalam kolam akan menjadi racun bagi ikannya. Lalu tanaman akan berfungsi sebagai filter vegetasi yang akan mengurai zat racun tersebut menjadi zat yang tidak berbahaya bagi ikan, dan suplai oksigen pada air yang digunakan untuk memelihara ikan. Dengan siklus ini akan terjadi siklus saling menguntungkan bagi kita yang mengaplikasikanya tentu saja akan sangat menguntungkan sekali, karena lahan yang dipakai tidak akan terlalu luas. Ikan adalah kunci dalam sistem aquaponik, karena ikan menyediakan hampir semua nutrisi bagi tanaman. Ada berbagai jenis ikan yang dapat digunakan dalam sistem aquaponik. Jenis ikan ini tergantung pada iklim lokal dan jenis yang tersedia di pasaran, tetapi yang paling sering digunakan yaitu ikan nila. Jenis ikan dan sayuran pada sistem aquaponik dapat berbagai macam, seperti ikan mas, nila, gurame, lele dan bawal. Aquaponik tidak hanya baik untuk sayuran hijau, dimana aquaponik akan menumbuhkan hampir semua jenis sayuran. Jenis sayuran yang cocok dalam sistem aquaponik ada dua macam, yakni sayuran daun dan sayuran buah. Sayuran daun seperti kangkung, bayam, selada, pakchoy, dan sawi. Sayuran buah seperti cabai, tomat, dan paprika.
Kata Kunci


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbar, R.A. 2003. Efisiensi Nitrifikasi dalam Sistem Biofilter. Submerged Bed, Trickling Filter dan Fluidized Bed. (Skripsi). Institut Teknologi Bandung. Bandung

Asnawi. S. 1986. Pemeliharaan Ikan Dalam Keramba. PT. Gramedia, Jakarta.

Brotowijoyo. 2001. Pengantar Lingkungan dan Budidaya Air. Liberty. Yogyakarta.

Boyd, C.E., 1999. Water Quality in Ponds for Aquaculture. Albama Agricultural. Experiment Station. Alburm univesity, Albama.

Boyd. C.E. 2000. Budidaya Ikan Di Perairan Umum. Kanisius. Yogyakarta.

Cholik. 1991. Jurnal Penelitian Perikanan. Pusat Penelitian Perikanan. Dirjen Perikanan. Departemen Pertanian. Jakarta.

Cholik F., Artati dan R.Arifudin., 1986. Pengelolaan Kualitas Air Kolam. INFIS Manual seri nomor 26. DirjenPerikanan. Jakarta.

Darusalam AY. 2005. Kondisi Kualitas Air Tambak Udang Windu Penaeus monodon dengan Ecology of Fish Population. Academic Press. London.

Djajadireja. Rustami. S. Hatima dan Z. Arifin. 1990. Buku Pedoman Pengenalan Sumber Perikanan Air Tawar (Jenis-jenis Ikan Ekonomi Penting). Direktorat Jendral Perikanan, Jakarta.

Effendie, M.I. 2003. Biologi Perikanan. Yayasan Pustaka. Nusatama. Bogor.

Fadhil, R., Endan J., Taip F. S., Salih M. 2011. Kualitas Air dalam Sistem Resirkulasi untuk Budidaya Ikan Lele/Keli (Clarias Batrachus). J. Aceh Depelovment International Conference 1:1-10

Hariati, A.M. 2000. Makanan Ikan. Fish Fisheries Project Malang.

Heru, P dan Yovita, H., I. 2003. Hidroponik Sayuran Semusim Untuk Hobi dan Bisnis. Gramedia, Jakarta.

Kusdiarti, T.Ahmad, Sutrisno dan Y.R Widyastuti, 2006. Budi Daya Ikan Nila Hemat Lahan dan Air dengan System Akuaponik Laporan Hasil Penelitian, Balai Riset Perikanan Budidaya Air Tawar, Bogor: 95-102.

Nugroho E. dan Sutrisno. 2008. Budidaya Ikan dan Sayuran dengan Sistem Aquaponik. Penebar Swadaya. Jakarta.

Santoso. B. 1996. Budidaya Ikan Nila. Kanisius, Yogyakarta.

Singarimbun, M. dan Effendi, S. 1987. Metode Penelitian Survai. Edisi Revisi.LP3S. Jakarta.Soeseno, S. 1993. Pemeliharaan Ikan di Kolam Pekarangan. Kanisius. Yogyakarta.

Soesono, R. S. 1998. Berternak dan Memelihara Ikan Air Tawar. SUPM Bogor.

Sumantadinata, K. 1999. Program Penelitian Genetika Ikan. INFIGRAD. Jakarta.

Sugiarto. 1988. Teknik Pembenihan Ikan Mujair dan Nila, Edisi I, C.V. Simplex Jakarta.

Suresh, A. V. and C. K. Lin. 1992. Tilapia culture in saline waters: a review. Aquaculture 106: 201-226.

Taufik. 2010. Uji Mul Tl Lokasi Pada Budidaya Ikan Nila Dengan Sistim Akuaponik. Badan US EPA, 1976).




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppdu.v0i0.5498

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.