ANALISIS PENGARUH FAKTOR HARGA, TIPE, FITUR DAN GAYA HIDUP TERHADAP PEMILIHAN JENIS SMARTPHONE ANDROID DI MASA PANDEMI (STUDI PADA KONSUMEN GADGETMART DI BANJARMASIN)

Rina Rina(1*), Apriya Santi(2), Aris Setia Noor(3), Firdaus Firdaus(4)

(1) Universitas Islam Kalimantan
(2) Universitas Islam Kalimantan
(3) Universitas Islam Kalimantan
(4) Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga (X1), merek (X2), fitur (X3) dan gaya hidup (X4) sebagai variabel bebeas terhadap pemilihan jenis smartphone android (Y) sebagai variabel terikat di Kota Banjarmasin. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan waktu cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung dan pembeli di Pusat Perbelanjaan Elektronik di Kota Banjarmasin. Sampel diambil dengan teknik judmental sampling diperoleh sebanyak 106 orang pengunjung dan pembeli produk smartphone Android. Pengukuran variable menggunakan skala Likert dari 1 hingga 5. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda dengan uji t dan uji F menggunakan program SPSS. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa secara parsial (uji t) variabel harga tidak berpengaruh signifikan terhadap pemilihan jenis merek smartphone android di kota Banjarmasin, sedangkan variabel merek, fitur dan gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap pemilihan jenis merek smartphone android di kota Banjarmasin. Secara bersama-sama (uji F) harga, merek, fitur dan gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap pemilihan jenis merek smartphone android di kota Banjarmasin.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Clother 1994 Multi Level Marketing Jakarta : Erlangga

Kotler, Philip, 2000, Manajemen Pemasaran, PT. Indeks, Jakarta

Riduwan, Drs, M.B.A. 2008. Metode & Teknik Menyusun Tesis. Bandung Alfabeta

Santoso, Singgih, 2002, Buku Latihan SPSS Statistik Multivariat, PT. Alex Media Komputindo Gramedia, Jakarta.

Schiffman, Leon G & Leslie Lazar Kanuk, 2000.“Consumer Behavior.” 7th Edition Prentice Hall, United States

Stanton William J 1996. Prinsip Pemasaran (terjemahan). Edisi 7 jilid 1 Erlangga. Jakarta

Sutisna, 2002.Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Rosdakarya. Bandung. Hal 11-22

Swasta, Basu & T Hani Handoko 1987. Manajemen Pemasaran Analisa perilaku Konsumen. Yogyakarta Liberty




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppdu.v0i0.5496

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.