PERANCANGAN VARIASI MATERIAL SUDU PADA TURBIN ANGIN HORISONTAL

Muhammad Irfansyah, Muhammad Firman

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh variasi material yang digunakan pada sudu turbin angin horisontal. Material sudu sangat perpengaruh terhadap unjuk kerja turbin angin horisontal. Material sudu yang digunakan terdiri dari bahan kayu meranti, fiberglass, dan pipa PVC. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kegiatan perancangan, pembuatan, dan pengujian sudu turbin. Bahan pembuatan sudu digunakan 3 buah material kayu meranti, fiberglass, dan pipa PVC, dengan ukuran 1300x160x40 mm, dengan jumlah sudu 2 dan 3 buah. Rancangan menggunakan sudut bagian ujung sudu 2°. Variasi kecepatan angin yang digunakan 2, 3, 4, 5, 6 m/s. Alat ukur yang digunakan adalah anemometer dan tachometer digital. Hasil penelitian untuk unjuk kerja putaran poros turbin tertinggi terdapat pada sudu kayu pada kecepatan angin 2 m/s menghasilkan putaran 181 rpm, dan pada kecepatan angin 4,5 m/s menghasilkan putaran poros 390 rpm. Sedangkan unjuk kerja terendah terdapat pada sudu PVC pada kecepatan angin 2 m/s menghasilkan putaran 97 rpm, dan pada kecepatan angin 4,5 m/s menghasilkan putaran poros 251 rpm. Unjuk kerja secara teoritis masih diatas putaran poros turbin yang diperoleh, hal ini dikerenakan oleh pengaruh dari material dan konstruksi sudu tersebut.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


--------------------, 2015, Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin 10, Universitas Kristen Petra Surabaya, BKSTM Indonesia.

Abdul Kadir, 2014, Energi, Sumber Daya, Inovasi, Tenaga Listrik, Potensi Ekonomi, Universitas Indonesia, Jakarta.

Archie W. Culp, 2003, Prinsip-prinsip Konversi Energi, Erlangga, Jakarta.

Francis M. Vanek, 2008, Energy System Engineering : Evaluation & Implementation, Mc Graw Hill, USA.

Gerry Van Klinken, 2001, Energi Dalam Masyarakat Modern, Satya Wacana, Semarang.

Hugh Piggott,1997, Wind power Workshop, Certer for Alternative Publications, British Wind Energy Association, England.

Jurnal Al Ulum, Volume 50 Nomor 4, Oktober 2011, ISSN 1411-1403, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin.

Jurnal Teknologi Dirgantara, Volume 6 No. 2 Desember 2008, ISSN 1412-8063, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.