IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPA MI MIFTAHUL ULUM KINTAP

Jumiati Jumiati, Sari Kumala, Tutus Rani Arifa

Sari


Media Pembelajaran merupakan hal penting yang perlu diperhatikan, disiapkan, dan dilaksanakan oleh pendidik ketika proses kegiatan belajar mengajar dilakukan khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dilaksanakan. Oleh sebab itu, media pembelajaran mempunyai pengaruh terhadap hasil dari pembelajaran itu sendiri, apabila media pembelajaran yang digunakan disesuaikan dengan kebutuhan, maka hasil yang dicapai akan maksimal begitu sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang bagaimana penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran IPA di Kabupaten Tanah Laut. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Tanah Laut. Subjek penelitian adalah guru pengampu mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Sedangkan, objek penelitian adalah Penggunaan Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPA. Metode penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah metode analisis data kualitatif. Hasil penelitian yang peneliti lakukan di MI Miftahulu Ulum Kintap bahwa guru di sana menggunakan media LCD/ proyektor untuk, media miniature, media benda konkrit dan lain sebagainya. Sedangkan hambatan di dihadapi dihadapi adalah kesiapan seorang guru.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asep Herry Hermawan, dkk, 2007, Media Pembelajaran,Bandung: UPI Perss

Asnawir dan BasyirudinUsman, 2002, Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers.

Basyirudin Usman ,Asnawir, 2002, Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.

Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan,1993, KBBI, Jakarta: BALAI PUSTAKA

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.