FAKTOR – FAKTOR YANG MENDORONG ORANG MENGGUNAKAN JASA GOJEK SEBAGAI SARANA TRANSPORTASI DI BANJARMASIN

Sri Bulkia(1*), Ana Sofia Herawati(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Sari


Dalam memasuki era globalisasi saat ini, tidak terlepas dari adanya peranan ICT (Information and Communication Technology) yang memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan dunia bisnis dan jasa. Perkembangan teknologi informasi yang terjadi begitu cepat telah mengubah pola hidup masyarakat. Saat ini masyarakat mempunyai aktivitas yang beragam, dan untuk dapat memenuhi semua aktivitas tersebut masyarakat dapat memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Salah satunya adalah dengan teknologi aplikasi gojek yaitu layanan penyedia jasa transportasi secara online. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang mendorong orang untuk menggunakan jasa transportasi online yaitu gojek sebagai sarana tranportasi di Banjarmasin. Populasi dalam penelitian ini adalah orang-orang yang pernah menggunakan gojek di Banjarmasin. Sampel dari penelitian adalah 110 orang secara stratified random sampling. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif serta menggunakan metode analisis dengan bantuan SPSS 22 sebagai sebuah alat analisis data.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dedek, Kurniawan, Gultom. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Citra Destinasi Dan Kepuasan Wisatawan Serta Implikasinya Terhadap Loyalitas Wisatawan. Jurnal Riset Sains Manajemen Vol. 1, No. 2, hal 147.

Fajri DA. Arifin Z. Wilopo. (2013). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Menabung. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 6, No. 2, Desember 2012.

Farida, I., Tarmizi, A., & November, Y. (2016, Juni). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran (7P) Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Gojek online. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 1(1), 31-40.

Grewal, & Levy. (2008). Marketing. New York: Pearson Prentice Hall.

Hutomo,Y,B. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Pelanggan PDAM Kota Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, Vol. 5, No. 2, 2016-2017.

Hurriyati, R. (2010). Bauran pemasaran dan loyalitas konsumen. Bandung:

Alfabeta.

Ismail, M. B., Mubarack, K. M., & Thulkifly, M. Z. (2015, Oktober). Impact of service marketing mix on customer satisfaction. Journal of Management, 12(12), 53-61.

Khairunnisa, K;Suharyono & Yulianto, E. (2017). Pengaruh Bauran Promosi Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 46, No. 2 Mei 2017.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2001). Principles of Marketing. New Jersey: Pearson Education Limited.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen pemasaran, edisi kedua belas jilid 1. Jakarta: IndeksKotler, P., & Keller, K. L. (2009) Marketing Management. New Jersey: Pearson Education Limited.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. New Jersey: Pearson EducationLimited.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of marketing 16 edition. London: Pearson.

Lovelock, C., Wirtz, J., & Mussry, J. (2010). Pemasaran jasa: manusia, teknologi, strategi perspektif Indonesia jilid 1 edisi ketujuh. Jakarta: Erlangga.

Malhotra, Naresh K. 2006. Riset Pemasaran, Pendekatan Terapan. Edisi Keempat. Jilid 2. PT Indeks. Jakarta.

Marwa S, Sumarwan U, Nurmalina R. (2014). Bauran Pemasaran Memengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Asuransi Jiwa Individu. Jurnal Ilm. Kel. & Kons,Vol. 7,No. 3, September 2014.

Mohammad, H. I. (2015, Juni). 7Ps marketing mix and retail bank customer satisfaction in Northeast Nigeria. British Journal of Marketing Studies, 3(3), 71-88.

Noviana, B. I. (2013). Pengaruh service marketing mix terhadap kepuasan konsumen hotelAmaris Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 1(2), 472-482.

Nugraha, E., & Anastasia, N. (2019). Pengaruh Elemen Pemasaran (7P) Terhadap KepuasanKonsumen Jasa Fotografi Sweet Seventeen Birthday Di Surabaya. Jurnal Agora, Vol.7, No. 2.

Putra HOA. 2012. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Prabayar XL di Kota Padang. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 3, No. 1,Edisi Januari 2012.

Selvie Nangoy, dkk (2017). Pengaruh Promosi, Harga, Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Pada Matahari Departemen Store Manado. Jurnal Manjemen. Manado, 2017.

Suryana. (2001). Kewirausahaan. Edisi 1. Jakarta: Salemba Empat.

Suriyani. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen

Pengguna Layanan 4G Telkomsel, e-Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 5, No. 2, hal. 507-508.

Tjiptono, F. (2012). Service management mewujudkan layanan prima. Yogyakarta: Andi

Wiratri Anindhita, dkk (2016). Analisis Penerapan Teknologi Komunikasi Tepat Guna Pada Bisnis Transportasi Ojek Online. Journal Of Communication, Jakarta. 2016.

Wulan, dkk. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Serta

Dampak Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Restoran Kayu Manis Tuban). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 38, No. 2, hal. 177-178.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppdu.v0i0.3747

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.