HUBUNGAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN KECERDASAN EMOSIONAL GURU TERHADAP KINERJA GURU
(1) 
(*) Corresponding Author
Sari
Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan supervisi akademik kepala sekolah dan kecerdasan emosional guru terhadap kinerja guru SMA di Banjarmasin. Metode yang digunakan ialah pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner. Peneliti menggunakan uji validitas dan reliabilitas untuk instrumen dan uji normalitas, uji linieritas dan uji homogenitas untuk pengujian persyaratan analisis. Peneliti menggunakan korelasi Product Moment Pearson dan korelasi berganda. Kedua korelasi tersebut dioperasikan menggunakan SPSS versi 18. Hasil menunjukkan: 1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara supervisi akademik kepala sekolah dengan kinerja guru, 2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional guru dengan kinerja guru, 3) ada hubungan yang positif dan signifikan secara simultan antara variable.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aqib, z. 2002. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia.
Aqib, dkk. 2007. Membangun Profesionalisme Guru dan Pengawas Sekolah. Bandung: CV. Yrama Widya.
Arikunto, S. 2009. Dasar-dasar Supervisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Arikunto, S. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Asmani, J. 2012. Tips Efektif Supervisi Pendidikan Sekolah. Jogjakarta: Diva Press
Aunurrahman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Bafadal, I. 1992. Supervisi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Burhanuddin, dkk. 2007. Supervisi Pendidikan dan Pengajaran: Konsep, Pendekatan, dan Penerapan Pembinaan Profesional. Malang: Rosindo. Edisi Revisi.
Depdiknas. 2000. Panduan Manajemen Sekolah. Jakarta: Depdiknas.
Gibson. 1987. Organisasi : Perilaku, Struktur, Proses, Edisi Kelima, Jilid 1, Terjemahan Djarkasih. Jakarta: Erlangga.
Glickman, C.D. 1981. Development Supervision: Alternative Practices or Helping Teachers Improve Instruction. Virginia: ASCD
Glickman, C.D. Gordon. 1990. Supervision of Instruction: A Development Approach. Sixth Edition. Boston: Allyn and Bacon
Goleman, D. 2007. Emotional Intelligence. Terjemahan T. Hermaya. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Hamalik, O. 2003. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara
Hasibuan, M. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara
Hasibuan, M. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
House, R. 1974. The Politics Educational Innovation. Berkley California: Mc Cutchan Publishing Corporation
Hoy, W dan Miskel, C. 2008. Educational Adminitration: Teory, Research, and Practice. New York: McGraw- Hill Companies, Inc
Mulyasa, E. 2004. Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan). Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2012. Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta : Bumi Aksara
Nawawi, H. 2006. Evaluasi Kinerja dan Pengawasan. Yogyakarta: Gadjah Mada Offset.
Nurdin, M. 2004. Kiat Menjadi Guru Profesional. Jogyakarta: Prismasophie
Oliva, Peter, F. 2007. Supervision for Today’s School.New York. Longman
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 13 tahun 2007 tentang Standar Kepala sekolah/madrasah
Purwanto, M. 2012. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. PT. Remaja Rosyda Karya.Cet Ke-18.Bandung.
Rohiat. 2008. Kecerdasan Emosional Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: PT Refika Aidtama.
Sahertian, P. 2002. Profil Pendidik Profesional. Yogyakarta : Andi Ofset.
Salovey, P dan John, D. 1990. Emotional Intelligence. Journal of University of New Hampshire. Baywood Publishing Co., Inc.
Sastrohadiwiryo, B. 2002. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administrasi dan Operasional. Jakarta : Bumi Aksara.
Sudjana. 2008. Supervisi Akademik. Jakarta: Bina Mitra
Sugiyono.2003. Metode Penelitian Pendidikan . Bandung: Alfabita
Suprayekti. 2003. Interaksi Belajar Mangajar. Jakarta. Depdiknas.
Thomas, J. 1989. Moral Leadership. Getting To The Heart of School Improvement. San Fransisco: Jossey-Bass
Wibowo. 2007. Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Zamroni. 2000. Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogya
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/piuk.v0i0.4740
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.