PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DI RUMAH

Yenni Nurul Wulandari(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Sari


Peran orang tua dalam mendampingi anak belajar dirumah memang cukup banyak, bahkan sebelum adanya pandemi Covid-19, akan tetapi selama ini peran tersebut dilakukan oleh guru, seperti penelitian yang dilakukan oleh Saesti, yang menyatakan bahwa keterlibatan pendampingan orang tua terhadap pembelajaran anak lebih banyak dilakukan dengan guru disekolah, misalnya kegiatan outing class, mini trip, dan market day (Prabhawani, 2016). Berdasarkan hal tersebut kajian dalam penulisan artikel ini menjadi sangat penting dilakukan dalam memahami bagaimana sebenarnya kendala yang dialami orang tua dalam mendampingi anaknya belajar dirumah menggantikan peran guru saat terjadi pandemi Covid-19 dengan metode pembelajaran daring serta bagaimana penanganan atas kendala- kendala yang dialami orang tua dalam mendampingi anak belajar dirumah dimasa pandemi Covid-19.

Permasalahan-permasalahan yang dibahas tentu harus tetap di evaluasi supaya anak-anak dapat memperoleh pembelajaran yang lebih baik. Kuncinya adalah untuk melakukan pembelajaran online sesuai dengan kondisi setempat (Zhang et al.,2020), apalagi di negara Indonesia yang masih banyak daerah-daerah dengan minimnya jangkauan internet. Secara umum kendala- kendala orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah di masa pandemi Covid-19 adalah kurangnya pemahaman materi oleh orang tua, kesulitan orang tua dalam menumbuhkan minat belajar anak, tidak memiliki cukup waktu untuk mendampingi anak karena harus bekerja, orang tua tidak sabar dalam mendampingi anak saat belajar dirumah, kesulitan orang tua dalam mengoperasikan gadget, dan kendala terkait jangkauan layanan internet.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi , Vol. 04 No. 1, Juni 2020, Hal. 152- 159.

Herliandry, L., Nurhasanah, Maria, E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Mas pandemi Covid 19. Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol.22 No. 1 DOI: https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286.

Hurlock, E. (1978). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Irma, C., Nisa, K., & Sururiyah, S. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ddi TK Masyitoh Purworejo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, doi: https://doi.org/10.31004/obsesi.v31i.152.

Irhamna. (2016). Analisis Kendala yang Dihadapi Orang Tua dalam Menanamkan Akhlak dan Kedisiplinan Belajar Siswa Madrasah Darussalam Kota Bengkulu. Pembelajaran Alquran Hadis di Man Pagar Alam, 57-65.

Iriani, D. (2014). 101 Kesalahan Dalam Mendidik Anak. Jakarta : PT Elex Media Komputindo .

Jones, K., & Sharma, R. (2019). Imagining A Future For Online Learning. New York.

Karnawati, & Mardiharto. (2020). Sekolah Minggu Masa Pandemi Covid-19: Kendala, Solusi, Proyeksi. Jurnal STT Simpson, 13-24 doi: 10.46445/djce.vlil.291.

Lestari, A., & Gunawan. (2020). The Impact of Covid-19 Pandemic on Learning Implementation of Primary and Secondary School Levels. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education, Vol. 1 No. 2 58-63.

Master, A., & Walton, M. G. (2012). Minimal Groups Increase Young Children's Motivation and Learning on Group‐Relevant Tasks. Wiley Online Library, https://doi.org/10.1111/j.1467-8624.2012.01867.x.

Muhdi, & Nurkolis. (2020). Keekfektivan Kebijaan E- Learning Berbasis Sosial Media pada PAUD di Masa Pndemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.535.

Nofita, A. (2013). Hambatan – Hambatan Warga Belajar Dalam Proses Pembelajaran Program Paket C Di Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Program Sutdi Luar Sekolah.

Prabhawani, S. (2016). Pelibatan Orang Tua Dalam Program Sekolah. FKIP UNY, 1-202.

Subarto. (2020). Momentum Keluarga Mengembangkan Kemampuan Belajar Peserta Didik Di Tengah Wabah Pandemi Covid-19 . Universitas Pamulang, DOI: 10.15408/41i.15838.

Tabiin. (2020). Problematika Stay At Home Pada Anak Usia Dini Ditengah Pandemi. Jurnal Golden Age, Vol. 04 No. 1 Hal 190-200 E-ISSN: 2549-7367.

Wardani, Anita & Ayriza, Yulia, (2020), Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19, Universitas Negeri Yogyakarta, Volume 5 Issue 1 (2021) Pages 772-782.

https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4325568/pentingnya-peran-orangtua-dalam-mendampingi-anak-belajar-di-rumah

https://covid19.go.id/p/berita/kpppa-hasil-survei-aadc-19-sebagian-besar-anak-waspada covid-19




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/.v0i0.4739

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.