PERAN DAN KENDALA ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID-19

Helda Fahlena(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Sari


Artikel ini bertujuan untuk mengetahui peranan dan kendala- kendala apa saja yang dialami oleh orang tua selama mendampingi anak belajar dirumah pada masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus melalui wawancara dengan analisis tematik pada 12 orang tua dengan anak yang sedang bersekolah di sekolah dasar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum kendala- kendala orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah pada masa pandemi Covid- 19 adalah kurangnya pemahaman materi oleh orang tua, kesulitan orang tua dalam menumbuhkan minat belajar anak, tidak memiliki cukup waktu untuk mendampingi anak karena harus bekerja, orang tua tidak sabar dalam mendampingi anak saat belajar dirumah, kesulitan orang tua dalam mengoperasikan gadget, dan kendala terkait jangkauan layanan internet. Penelitian ini diharapkan mampu menonjolkan peran orang tua dan menggali kendala- kendala orang tua dalam mendampingi anak ketika belajar dirumah sehingga penelitian ini mampu berkontribusi terhadap penelitian selanjutnya dalam menggali peluang, dan solusi untuk masalah- masalah tersebut. 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran.

Lee, A. (2020). Wuhan Novel Corona Virus (Covid-19): Why Global Control is Challenging? Public Health, 179, A1-A2. DOI: 10.1016/J.PUHE.2020.02.001.

Karnawati, & Mardiharto. (2020). Sekolah Minggu Masa Pandemi Covid-19: Kendala, Solusi, Proyeksi. Jurnal STT Simpson, 13-24 doi: 10.46445/djce.vlil.291.

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi , Vol. 04 No. 1, Juni 2020, Hal. 152159.

Sari, Mutmainah, R. N., Yulianingsih, I., & Astari, T. (2020). Kesiapan Ibu Bermain Bersama Anak selama Pan demi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 476489 doi: 10.31004/obsesi.v5i1.548.

Putra, R., & Irwansyah, I. (2020). Media Komunikasi Digital, Efektif namun Tidak Efisien, Studi Media Richness Theory dalam Pembelajran Jarak Jauh Berbasis Teknologi di Masa Pandemi. Jurnal Ilmu Sosial dan Politik, 1(2), 1-13.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/.v0i0.4738

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.