PENERAPAN TEKNOLOGI DI LINGKUNGAN SOSIAL PENDIDIKAN

Abdullah Hayun(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Sari


Sekolah merupakan salah satu organisasi pendidikan yang dapat dikatakan sebagai wadah untuk mencapai tujuan pembangunan nasional. Keberhasilan tujuan pendidikan di sekolah tergantung pada sumber daya manusia yang ada di sekolah tersebut yaitu kepala sekolah, guru, siswa, pegawai tata usaha dan tenaga kependidikan lainnya, selain itu harus didukung pula oleh sarana prasarana yang memadai. Untuk membentuk manusia yang sesuai dengan tujuan pembangunan nasional, yang pada hakekatnya bertujuan meningkatkan kualitas manusia dan seluruh masyarakat Indonesia yang maju, modern, berdasarkan Pancasila maka dibutuhkan media evaluasi yang berkualitas. Aplikasi flay exam merupakan salah satu komponen yang sangat menentukan untuk terselenggarakannya proses evaluasi pendidikan secara online. Keberadaan media evaluasi merupakan salah satu penentu sebagai fasilitator penyelenggara proses evaluasi belajar siswa secara online. Oleh karena itu tahapan evaluasi belajar sangat berpengaruh dalam mewujudkan program pendidikan nasional.

Dalam proses pendidikan teknologi sangat memegang peranan penting terutama dalam penyelenggara hasil evaluasi melalui pengembangan penggunaan teknologi yang diinginkan. Akhir-akhir ini ada beberapa siswa yang tidak mendapat nilai yang baik, bahkan sampai tidak naik kelas lantaran mereka tidak bisa mengikuti ujian Daring dari sekolahan yang bersangkutan. Hal ini disebabkan kurangnya penggunaan aplikasi daring. Maka dari itu setiap sekolah hendaknnya menerapkan evaluasi berbasis daring untuk membiasakan siswa dalam mengikuti ujian.

Adapun kesimpulan dari penelitian tersebut adalah sebagai berikut ; bahwa penginputan soal dalam bentuk teks tidak ada mengalami kesulitan, bahwa penginputan soal yang ada dalam bentuk gambar ada sedikit kesulitan dengan proses pengeditanformat  gambar, bahwa penginputan soal yang ada dalam bentuk rumus matematika ada sedikit kesulitan dengan proses pengeditan format  gambar, pengunaaan aplikasi tersebut tergantung  jaringan saat pelaksanaan evaluasi lancer atau tidaknya.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonim. Undang-Undang No. 19 Tahun 2005. Pasal Pasal 42: (1) Tentang Standar Pendidikan

Asrul, Rusydi Ananda dan Rosnita (2015). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.

Miterianifa, dan Mas'ud Zein (2016). Evaluasi Pembelajaran Kimia: Model Integrasi Sains Dengan Islam. Pekanbaru: Cahaya Firdaus Publishing and Printing.

Wulan E.R., dan Rusdiana (2014). Evaluasi Pembelajaran dengan Pendekatan Kurikulum 2013. Bandung: Pustaka Setia.

Zein, Mas'ud dan Darto (2012). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Pekanbaru: Daulat Riau.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/.v0i0.4736

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.