PERAN KEPEMIMPINAN KIAI DALAM PENGEMBANGAN PONDOK PESANTREN DI ERA GLOBALISASI

Baidhawi Baidhawi(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Sari


Tulisan ini mendeskripsikan tentang pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan dan  juga sebuah  komunitas santri yang bertujuan untuk mempelajari ilmu agama Islam.  Perkembangan pesantren tidaklah terlepas dari kiai sebagai pimpinan tertinggi di pesantren. Kiai memiliki kebebasan untuk mengambil tindakan  atau kebijakan terkait manajemen pesantren. Maka awal mula perubahan di pesantren haruslah berawal dari kiai sebagai pimpinan tertinggi, karena sebaik apapun konsep atau ide tidak akan bisa diimplikasikan untuk perkembangan pesantren tanpa disetujui oleh kiai. Dengan masuknya era globalisasi telah mempengaruhi perkembangan masyarakat muslim Indonseia. Ini juga tentunya menjadi tantangan bagi pesantren sebagai lembaga pendidikan untuk bisa survive dan berjaya di tengah perkembangan dunia yang makin kompetetif. Oleh karena itu,   hal yang terus menjadi perbincangan kepesantrenan kontemporer dewasa ini adalah tentang pengelolaan pesantren dan peningkatan kualitas sumberdaya manusia. Pengelolaan pendidikan di pesantren juga harus diikuti dengaan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan mengubah arah pandangan bahwa kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah hal yang harus dintisipasi. Sehingga pesantren bisa mengambil langkah dengan memperbarui sistem sesuai dengan perkembangan zaman  tetapi tetap mempertahankan budaya santri yang ada. disamping itu, pimpinan pesantren juga perlu menyikapi perkembangan iptek yang ada dengan pemantapan internal serta penyesuaian visi dan misi pendidikan kearah perubahan global sehingga kedepannya bisa melahirkan output yang kompetetif dalam era globalisasi sekarang.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul Kholiq Syafa’at, Strategi Pengembangan Pondok Pesantren dalam Era Globalisasi (UIN Sunan Ampel Surabaya). Jurnal Pendidikan. Diakses dari : https://inferensi.iainsalatiga.ac.id/index.php/inferensi/article/viewFile/291/226

Ahmad Damanhuri, Endin Mujahidin, Didin Hafidhuddin, (2013) Inovasi Pengelolaan Pesantren dalam Menghadapi Persaingan di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 2, No. 1, April 2013, p-ISSN: 2252-5793. Diakses dari : http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TADIBUNA/article/viewFile/547/431.

Suriadi, (2018) Transformasi Tradisi Pesantren dalam Menghadapi Era Globalisasi,(IAIN Bengkulu) jurnal pendidikan Islam. Vol 14 no1. Diakses dari : http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/qodiri/article/view/3141.

KH. Sahal Mahfudh, Dialog Dengan Kiai Sahal Mahfudh Surabaya: Ampel Suci dan LTN NU Jawa Timur, 2003.

Kompri, Manajemen dan Kepemimpinan Pondok Pesantren, Jakarta, Prenedamedia Group , 2017.

Muhammad Jamaluddin, Metamorfosis Pesantren di Era Globalisasi, (STAIN PAMEKASAN). Diakses dari : http://ejournal.stainpamekasan.ac.id/index.php/karsa/article/viewFile/57/55.

Muhammad Zamroji, (2017) Modernisasi Sistem Pendidikan Pesantren. (STAI AT-TAHDZIB) jurnal Pendidikan Islam, vol 1, no 1 2017. Diakses dari: http://www.jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/murobbi/article/view/93.

Nur Efendi, Manajemen Perubahan di Pondok Pesantren, Yogyakarta: Teras, 2016.

Nur Rohmah Hayati, (2015) Manajemen pesantren dalam menghadapi dunia global (STAINU Purworejo) jurnal pendidikan Islam. Vol 1 No 02. Diakses dari : http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tarbawi/article/download/2006/1664

Rudi Haryanto, (2017) PEMBERDAYAAN SANTRI PONDOK PESANTREN MUSTHAFAWIYAH DI ERA GLOBALISASI (Studi Kasus Pondok Pesantren Musthafawiyah) Jurnal Pendidikan – ISSN: 2087-9490 (p);2597-94ox (o) Vol.9, No.2 (2017). Diakses dari : http://www.journal.staihubbulwathan.id/index.php/alishlah/article/view/15.

Sulthon Masyhud, Moh Khusnurdilo, Manajemen Pondok Pesantren, Manajemen Pondok Pesantren, Jakarta, Diva Pustaka, 2005.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/.v0i0.4727

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.