PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN PROFESIONALISME GURU DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH

Een Irawati(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Sari


Lembaga pendidikan memerlukan seorang pemimpin yang revolusioner dan mampu mengarahkan anggotanya dan mampu menciptakan situasi dan kondisi kerja yang mendukung kinerja guru sehingga guru mampu membawa perubahan sikap, perilaku sesuai dengan tujuan pendidikan. Guru adalah pelaksana pendidikan di sekolah yang langsung berinteraksi dengan peserta didik merupakan komponen yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Kepala sekolah memiliki peran kepemimpinan yang sangat penting agar mutu sekolah dapat menjadi lebih baik. Peningkatan mutu sekolah guru dapat dilakukan oleh kepala sekolah dan guru yang profesional, kepala sekolah harus mempunyai kompetensi kepemimpinan yang efektif dan efisien, sehingga pembinaan yang dilakukan dapat meningkatkan kinerja guru yang lebih baik agar dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Pendidikan merupakan bagian utama dalam meningkatkan sumber daya manusia, terutama lembaga pendidikan formal. Saat ini mutu sekolah yang baik dibutuhkan dalam meningkatkan sumber daya manusia, adanya pola manajemen berbasis sekolah memberi kesempatan bagi sekolah dengan dipimpin kepala sekolah untuk dapat mengembangkan dan meningkatkan kemampuan sesuai dengan kondisi sekolah. Sehingga semua sekolah memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi sekolah yang berkualitas. Sudah seharusnya kepala sekolah dan guru serta seluruh elemen sekolah bekerjasama dalam mewujudkan setiap cita-cita pendidikan untuk membentuk generasi penerus yang berkualitas baik dalam hal pengetahuan, keterampilan, maupun sikap dan moralnya.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, M. (2017). Manajemen Mutu Pendidikan Di Sekolah Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru, Dan Partisipasi Masyarakat Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan.190-198. ISSN 1412-565 X e-ISSN 2541-4135. Diakses dari: https://ejournal.upi.edu/index.php/JER/article/view/9612

Annaja, M. H. F. (2019). STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL TENAGA PENDIDIK DI MA SHOLIHIYYAH KALITENGAH MRANGGEN DEMAK. (SKRIPSI FKIP UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG). Diakses dari: http://eprints.walisongo.ac.id/11158/1/NIM1403036100.pdf

Hadziq, A. (2016). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (School Based Management) Dalam Mewujudkan Sekolah Efektif (Studi Kasus Di Mts Nu Sabilul Muttaqin Jepang Mejobo Kudus). Jurnal QUALITY Vol. 4, No. 2, 2016: 351-371 p-ISSN: 2355-0333, e-ISSN: 2502-8324. Diakses dari: https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Quality/article/view/2176

Na’im, Z. (2007). Model Pendekatan Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam. EVALUASI, Vol.1, No.1, Maret 2017. 100-118. Diakses dari: https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/index.php/evaluasi/article/view/67

Pratiwi, S. N. (2016). MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SEKOLAH. Jurnal EduTech Vol. 2 No. 1 Maret 2016. 86-96. ISSN: 2442-6024 e-ISSN: 2442-7063. Diakses dari: https://media.neliti.com/media/publications/59001-ID-manajemen-berbasis-sekolah-dalam-meningk.pdf

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Diakses dari: https://Kemenag.Go.Id/File/Dokumen/UU2003.Pdf

Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen. Diakses dari: http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU14-2005GuruDosen.pdf

Suwinardi. (2017). Profesionalisme Dalam Bekerja (Hasil Penelitian). Jurnal Teknik Elektro Politeknik Negeri Semarang ORBITH VOL. 13 NO. 2 Juli 2017 : 81 – 85. Diakses dari: https://jurnal.polines.ac.id/index.php/orbith/article/view/965/782

Syarifudin, E. (2004). Teori Kepemimpinan. Al Qalam Vol. 21, No. 102 (Desember 2004). 459-477. Diakses dari: https://media.neliti.com/media/publications/282861-teori-kepemimpinan-fd9d688e.pdf

Warisno. (2016). STRATEGI PENGEMBANGAN MADRASAH MELALUI MANAJEMEN MUTU BERBASIS AKHLAK DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Analisis di MTs Swasta Kabupaten Lampung Tengah). (DISERTASI PROGRAM PASCASARJANA INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) RADEN INTAN LAMPUNG). Diakses dari: http://repository.radenintan.ac.id/158/

Yusnidar. (2014). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada MAN Model Banda Aceh. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA Februari 2014 VOL. XIV NO. 2, 320-349. Diakses dari: https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/didaktika/article/view/506




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/.v0i0.4726

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.