PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI PESERTA DIDIK

Nurul Khatimah(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Sari


Artikel ini dibuat bertujuan untuk menjelaskan peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi peserta didik. Kepala sekolah sebagai figur pemimpin di lembaga sekolah sangat penting dalam menentukan berhasil tidaknya peserta didik memperoleh prestasi yang memuaskan, karena hasil dan prestasi peserta didik itu merupakan suatu capaian yang dianggap konkrit bagi masyarakat sebagai acuan apakah lembaga sekolah tersebut berhasil mendidik anak-anak yang merupakan cikal bakal penerus bangsa. Adapun metode pengumpulan  data-data yang dibutuhkan dalam penulisan artikel ini diperoleh dengan teknik Studi Pustaka. Dari studi ini diketahui ada lima kewajiban dan tanggung jawab kepala sekolah yang juga sebagai cara untuk mempengaruhi peningkatan prestasi peserta didik disekolahnya, yaitu: (1) Berinisiatif dalam meningkatkan teknik dan metode pengajaran, (2) Melaksanakan kurikulum secara baik sesuai kebutuhan pelajar, (3)Mengatur para guru untuk memotivasi para pelajar pada tingkatan optimal, (4) Memberikan peluang kepada para guru untuk mengikuti program pengembangan pribadi guru, (5) Mengatur para guru memberikan koordinasi dan menempatkan mereka mengajar mata pelajaran tertentu dengan tingkatan yang baik.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amiruddin, dkk. (2006). Manajemen Pengawas Pendidikan. Ciputat: Quantum Teaching

Baharudin & Umiarso. (2012). Kepemimpinan Pendidikan Islam Antara Teori dan Praktik.

Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

E. Mulyasa. (2003). Menjadi Kepala Sekolah Prefosional dalam Konteks Menyukseskan MBS

dan KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya

Hadi, Sutrisno . (2004). Metodologi Reseach. Yogyakarta: Andi Offset

Makawimbang, Jerry. H. (2012). Kepemimpinan Pendidikan yang Bermutu. Bandung: Alfa Beta

Nawawi, Hadari, (2003).Kepemimpinan Mengefektifkan Organisasi, Jakarta:

Gajah Mada University Press

Overton, Rodney. (2002). Leadership Made Simple. Singapura: Wharton Books

Roe, WHT dan Drake (1980). The Principalship. Newyork: Macmilalan Publishing

Syafaruddin. (2010). Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Quantum Teaching

Wahab, Abdul Aziz. (2008). Anatomi Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan. Bandung: Alfa Beta




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/.v0i0.4725

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.