PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH BERBASIS RELEGIUS DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU

Syahdianoor Syahdianoor(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Sari


Kepemimpinan spiritual adalah kepemimpinan yang membawa dimensi keduniawian kepada dimensi spiritual (keilahian). Tuhan adalah pemimpin sejati yang mengilhami, mempengaruhi, melayani dan menggerakkan hati nurani hamba-Nya dengan cara yang sangat bijaksana melalui pendekatan etis dan keteladanan. Karena itu kepemimpinan spiritual disebut juga sebagai kepemimpinan yang berdasarkan etika religius. Kepemimpinan yang mampu mengilhami, membangkitkan, mempengaruhi dan menggerakkan melalui keteladanan, pelayanan, kasih sayang dan implementasi nilai dan sifat-sifat ketuhanan lainnya dalam tujuan, proses, budaya dan perilaku kepemimpinan. Lembaga pendidikan memerlukan seorang pemimpin yang cerdas dan berkarakter Religius. Mampu memberikan keteladanan pada anggotannya sehingga tercipta situasi dan kondisi kerja yang baik.Guru adalah pelaksana pendidikan yang langsung berinteraksi dengan peserta didik, merupakan komponen yang sangat penting dalam proses pembelajaran dan pembentukan karakter siswa di sekolah. Peningkatan profesionalisme guru dapat dilakukan oleh kepala sekolah melalui pembinaan agar mutu sekolah dapat menjadi lebih baik. Untuk melakukan pembinaan, kepala sekolah harus mempunyai kompetensi kepemimpinan yang efektif dan efisien, sehingga pembinaan yang dilakukan dapat meningkatkan kinerja guru yang lebih baik agar dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Yoiz, Shofwa. 2013. Pengaruh Motivasi Spiritual dan Kepemimpinan Spiritual Terhadap Kinerja Religius Dosen dan Karyawan STAIN Purwokerto.

Haqiqi, Rafsanjani. 2017. Kepemimpinan Spiritual. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah Vol. 2, No. 1, 2017 ISSN: 2527 - 6344 (Print) ISSN: 2580 - 5800 (Online).

Masda Gustinah Hasibuan NIM. 21890120028 (11 Nov 2019). (Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Karakter Religius Di...)

Diakses dari http://repository.uin suska.ac.id/21896/




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/.v0i0.4723

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.